• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 27 Mei 2024

Kabupaten Cirebon

GP Ansor Kabupaten Cirebon Sediakan Kopi hingga Obat-obatan Bagi Pemudik

GP Ansor Kabupaten Cirebon Sediakan Kopi hingga Obat-obatan Bagi Pemudik
GP Ansor Kabupaten Cirebon Sediakan Kopi hingga Obat-obatan Bagi Pemudik. (Foto: NU Online Jabar)
GP Ansor Kabupaten Cirebon Sediakan Kopi hingga Obat-obatan Bagi Pemudik. (Foto: NU Online Jabar)

Cirebon, NU Online Jabar
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Cirebon mendirikan 10 posko mudik di beberapa titik strategis sepanjang jalan pantura dan alternatif. Pendirian posko ini dalam rangka membantu kelancaran mudik 2024. 


Wakasatkorcab Banser Kabupaten Cirebon sekaligus koordinator posko mudik 2024, Warto mengungkapkan, adanya posko mudik tersebut merupakan aksi nyata GP Ansor Cirebon dalam membantu pemudik yang melintasi wilayah Cirebon. Ia sadar pemudik pasti sangat lelah setelah melewati perjalanan yang jauh. 


“Pemudik yang kelelahan bisa istirshat di posko. Nanti, sahabat ansor dan banser akan memfasilitasi dan membantu mereka. Kami ingin membantu dan memfasilitasi pemudik," jelasnya saat dikonfirmasi setelah acara rakorcab di Pendopo Bupati, Rabu (3/4/2024).


Selain itu, anggota Ansor dan Banser untuk membantu penyeberangan jalan. Bahkan, jika ada pemudik yang mengalami kecelakaan ringan, mereka diminta untuk melakukan penanganan kepada pemudik tersebut. 


Untuk fasilitas di setiap posko, kata Warto, ada makanan ringan, kopi hingga obat-obatan. Hal itu disiapkan agar nanti jika ada pemudik yang ngantuk, mereka bisa istirahat sambil ngopi di posko. 


“Setiap posko ada 10 orang yang berjaga secara berganti siang dan malam. Jadi, posko tidak pernah kosong dari yang jaga. Kita bagi dua shift, ada shiftsiang dan malam," terang pria asal Kecamatan Losari tersebut. 


Terkait pendanaan, ia menjelaskan, bersumber dari iuran masing-masing pengurus. Di samping itu, pengurus cabang juga memberikan subsidi ala kadarnya untuk membantu kebutuhan posko. 


Dalam mendirikan posko mudik, pengurus gerakan pemuda ansor bersifat mandiri sesuai arahan pimpinan wilayah dan pusat. Namun, pimpinan cabang tetap berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait, seperti TNI, Polri dan Dinas Kesehatan. 


Warto berpesan agar pemudik berhati-hati dalam perjalanan, tidak ngebut di jalan. Sebab, keluarga sudah menantikannya di rumah. 


"Hati-hati dj jalan, jangan buru buru dan ingat keluarga di rumah sedang menanti. Semoga perjalan lancar dan tidak ada Kendala apapun sampai tujuan masing masing," pungkasnya.


Kontributor: Iin Sholihin


Editor:

Kabupaten Cirebon Terbaru