• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Minggu, 23 Juni 2024

Nasional

Mudik Gratis Bersama Kemenhub, Daftar di Sini Sebelum Kehabisan

Mudik Gratis Bersama Kemenhub, Daftar di Sini Sebelum Kehabisan
mudik (Ilustrasi: freepik)
mudik (Ilustrasi: freepik)

Bandung, NU Online Jabar
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI kembali membuka pendaftaran Mudik Gratis tahun 2024. Program mudik gratis Kemenhub tahun ini menawarkan berbagai moda transportasi, mulai dari bus, kereta api, hingga kapal laut.


"Kami mengajak masyarakat bergabung dalam program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan," kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati, seperti dikutip NU Online dari situs resmi Kemenhub pada Selasa (5/3/2024).


Adita mengimbau masyarakat agar tidak mudik menggunakan sepeda motor karena demi alasan keamanan dalam berkendara. Ia berharap masyarakat dapat menggunakan transportasi umum atau memanfaatkan program mudik gratis. 


"Kami tidak bosan-bosannya juga mengimbau masyarakat agar seyogyanya tidak melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor karena berpotensi tinggi terjadi kecelakaan. Kami berharap masyarakat mudik menggunakan angkutan umum atau memanfaatkan program mudik gratis ini," sebut Adita.


Jadwal pendaftaran mudik gratis 

Jalur darat kereta api Pendaftaran: 4 Maret-18 April 2024 Kuota: 28.196 penumpang dan 12.180 unit sepeda motor  Tanggal keberangkatan: 2-8 April 2024 dan 13-19 April 2024. 


Jalur darat bus  
Pendaftaran: 5 Maret-3 April 2024 Kuota: 722 unit bus untuk 30.088 penumpang dan 30 unit truk untuk 900 unit sepeda motor Tanggal keberangkatan: 5-7 April 2024 dan 14-15 April 2024. 


Jalur kapal laut 
Pendaftaran: 3-17 April 2024 Kuota: 9.800 penumpang dan 4.800 sepeda motor


Cara daftar mudik gratis Kemenhub 2024
1. Buka laman Mudik Gratis Kemenhub di tautan https://mudikgratis.dephub.go.id/ 

2. Pilihlah moda transportasi yang tersedia (kereta api atau kapal laut). Untuk moda transportasi bus pendaftaran via aplikasi Mitra Darat. 

3. Klik menu pendaftaran

4. Isilah form pendaftaran yang meliputi asal dan tujuan perjalanan serta tanggal mudik atau balik, informasi data diri peserta, dan dokumen pendukung 

5. Tunggu sampai informasi tiket akan ditampilkan 
6. Periksa ulang data pendaftaran 
7. Simpan resume pendaftaran 
8. Selanjutnya lakukanlah verifikasi pendaftaran 


Syarat mudik pakai kereta api 

1. Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C 

2. Wajib melakukan verifikasi ke posko, sesuai dengan waktu verifikasi yang telah dipilih pada saat mendaftar 3. Motor dengan kapasitas mesin maksimal 200 cc 

4. Bagi peserta yang hanya mendaftarkan sepeda motor, diwajibkan memiliki/menunjukkan bukti mudik moda transportasi lainnya 

5. Sepeda motor diserahkan H-1 atau satu hari sebelum tanggal keberangkatan sepeda motor 

6. Tidak diperkenankan menitipkan helm dan kaca spion. 

7. BBM wajib untuk dikosongkan pada saat penyerahan 
 


Nasional Terbaru