• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Kabupaten Bogor

Tabligh Akbar Maulid Nabi Muhammad SAW, Pondok Pesantren Al-Basyir Bogor Hadirkan Ribuan Jamaah hingga Qori Internasional

Tabligh Akbar Maulid Nabi Muhammad SAW, Pondok Pesantren Al-Basyir Bogor Hadirkan Ribuan Jamaah hingga Qori Internasional
Tabligh Akbar Maulid Nabi Muhammad SAW, Pondok Pesantren Al-Basyir Bogor Hadirkan Ribuan Jamaah hingga Qori’ Internasional
Tabligh Akbar Maulid Nabi Muhammad SAW, Pondok Pesantren Al-Basyir Bogor Hadirkan Ribuan Jamaah hingga Qori’ Internasional

Bogor, NU Online Jabar
Tepatnya pada Senin (23/10/2023) Pondok Pesantren Tahfidz Al-Basyir menggelar acara Tabligh Akbar Maulid Nabi Muhammad SAW dengan dihadiri oleh sekitar 4000 jamaah yang diundang secara terbuka dan umum dari jamaah majelis ta’lim hingga masyarakat luas. Kegiatan yang diiringi oleh antusiasme para jamaah yang hadir mulai pukul 08.30 WIB tersebut bertempat di Pondok Pesantren Al-Basyir 2, Jl. Kapten Dasuki Bakri, Cibeureum RT 02/RW 06, Cibatok II, Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Indonesia.


Direktur Pondok Pesantren Al-Basyir Satu Gus Abdul Hamid Aly mengatakan, Peringatan Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW dirayakan setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Ia menilai, secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Muhammad.


"Di Indonesia, peringatan tersebut melebur dalam budaya Nusantara yang kemudian menjadi tradisi. Masyarakat Muslim di Indonesia umumnya menyambut Maulid nabi dengan mengadakan perayaan-perayaan Masyarakat Muslim di Indonesia umumnya menyambut Maulid Nabi dengan mengadakan perayaan-perayaan keagamaan seperti pembacaan selawat nabi, pembacaan syair Barzanji atau Simtuddurar, serta pengajian,"


Gus Abdul Hamid Aly memaparkan, menurut penanggalan Jawa, bulan Rabiul awal disebut bulan Mulud dan biasa disebut sebagai Muludan. Ia menyebut, bulan tersebut juga bertepatan dengan Milad Yayasan Al Basyir.


"Pondok Pesantren Tahfidz Al-Basyir tahun ini cukup berbeda dengan tahun sebelumnya. Pasalnya selain bertepatan dengan momentum peringatan Hari Santri Nasional juga terlihat dari beberapa bintang tamu spesial seperti H Darwin Hasibuan yang merupakan qori Internasional, KH Jamaludin sebagai mubaligh kondang, serta Yusuf Al lampungi yang saat ini sedang banyak digemari oleh santri-santri karena sholawat merdunya,"


Gus Abdul Hamid Aly menjelaskan, acara ini juga banyak dihadiri oleh tokoh-tokoh ulama, pimpinan pesantren, serta tokoh masyarakat se-Kabupaten Bogor.


Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Tahfizh Al Basyir yakni KH Abi Basyir, bersyukur dan bangga dengan membludaknya jama'ah yang hadir. Kiai yang akrab disapa Abi tersebut menyampaikan tentang bagaimana seharusnya Maulid Nabi Muhammad SAW ini dirayakan dengan meriah namun juga khidmat.


"Rasullullah SAW adalah Manusia mulia bagi seluruh mahluk yang ada di dunia, Jika kita mau merayakan ulang tahun saudara, kerabat, dan teman dengan meriah, maka sudah sepatutnya kita juga memeriahkan kelahiran Nabi Muhammad SAW yang syafaatnya akan selalu ada hingga hari akhir nanti," paparnya.


Abi berharap bahwa acara Tabligh Akbar Maulid Nabi SAW tersebut bisa terus memberikan pergerakan dan inspirasi kepada seluruh khalayak masyarakat dan Al-Basyir dapat terus berkembang dan mencetak para santri yang unggul baik dalam bidang ketaqwaan, keimanan, maupun intelektual.


Kabupaten Bogor Terbaru