• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Kabupaten Bogor

Ketua MWCNU Rumpin Bersyukur Bisa Gelar Peringatan Hari Santri Nasional Perdana

Ketua MWCNU Rumpin Bersyukur Bisa Gelar Peringatan Hari Santri Nasional Perdana
Ketua MWCNU Rumpin, Kiai Abdullah Abdul Mukti saat memberikan sambutan peringatan Hari Santri Nasional untuk pertama kalinya pada Ahad (22/10/2023) di Kantor Kecamatan Rumpin. (Foto: NU Online Jabar)
Ketua MWCNU Rumpin, Kiai Abdullah Abdul Mukti saat memberikan sambutan peringatan Hari Santri Nasional untuk pertama kalinya pada Ahad (22/10/2023) di Kantor Kecamatan Rumpin. (Foto: NU Online Jabar)

Bogor, NU Online Jabar
Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menggelar peringatan Hari Santri Nasional untuk pertama kalinya pada Ahad (22/10/2023) di Kantor Kecamatan Rumpin.


Kegiatan diawali dengan apel peringatan Hari Santri Nasional dengan ratusan santri sebagai pesertanya, kemudian berlanjut dengan arak-arakan pawai yang ditutup dengan istighotsah dan tabligh akbar yang diisi oleh Gus Ahmad Kafabihi Lirboyo. 


Ketua MWCNU Rumpin, Kiai Abdullah Abdul Mukti dalam kesempatan tersebut mengajak para santri untuk mensyukuri pemberian hadiah ditetapkannya Hari Santri Nasional sebagai peringatan besar dalam kalender nasional.


"Ini wajib disyukuri oleh kita semua terkhusus kepada santri, karena itu merupakan perjuangan para ulama dan santri dalam memerdekakan dan mempertahankan Indonesia," ucap Kiai Abdullah.


Kepada para warga Nahdliyin juga masyarakat yang turut hadir, Kiai Abdullah menyampaikan ucapan terima kasih. Ia berharap, siapa pun yang hadir selalu mendapatkan keberkahan dari para masyayikh terdahulu. 


"Terima kasih kepada kepala Kantor kecamatan rumpin (Muspika), rekan-rekan panitia dari semua banom NU Rumpin yang membantu dalam pelaksanaan Hari Santri Nasional sehingga berjalan dengan baik," lanjut Kiai Abdullah. 


Pada kesempatan ini, MWCNU menghadirkan penceramah Gus Ahmad Kafabihi untuk memberikan nasihat keagamaan. Di dalam ceramahnya, Gus Ahmad Kafabihi menyampaikan adab dalam menghormati kedua orangtua. 


“Menghormati kedua orang tua merupakan kewajiban bagi setiap anak. Islam mengajarkan kita untuk senantiasa patuh dan tidak berkata kasar kepada orang tua. Perintah hormat kepada orang tua atau birrul walidain,” tuturnya.


Di hadapan para santri, orang tua dan seluruh masyarakat Gus Ahmad Kafabihi menyebutkan bahwa, seorang anak dilarang untuk mengeluarkan kata-kata yang menyakiti hati orang tuanya. Seperti kata "ah" untuk menolak saat dimintai tolong oleh orang tua. “Larangan berkata 'ah' ini terdapat dalam QS. Al Isra ayat 23,” ujarnya.


Acara ini dihadiri oleh Kepala kantor kecamatan Rumpin Ade Zulfahmi. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa pelaksanaan hari santri Ini merupakan harinya para santri. “Semoga dengan adanya kegiatan memperingati hari santri ini menjadi kegembiraan untuk para santri. Agar mereka selalu semangat dalam menuntut ilmu," ucapnya. 


"Terima kasih kepada MWCNU Rumpin yang telah menyelenggarakan kegiatan Hari Santri Nasional ini di Kecamatan Rumpin dengan lancar dan sukses,” tandasnya.


Acara peringatan hari santri nasional ini dihadiri oleh ketua MUI Rumpin Kiai H Ahmad Harun. Hadir juga para ketua badan otonom NU Rumpin. Kapolsek Rumpin, Koranmil Rumpin dan santri dari berbagai pondok pesantrenpun hadir dalam acara tersebut.


Kontributor: Nubzah Tsaniyah


Kabupaten Bogor Terbaru