• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 16 April 2024

Kabupaten Bogor

Hadiri LDKO, Kepala MAN 3 Bogor Harapkan Siswa Mampu Berperan Mengisi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Hadiri LDKO, Kepala MAN 3 Bogor Harapkan Siswa Mampu Berperan Mengisi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
Kepala MAN 3 Kabupaten Bogor Rizalah Luqman Al-Farabi saat menghadiri Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi (LDKO) MAN 3 Kabupaten Bogor. (Foto: NU Online Jabar/Rizqy).
Kepala MAN 3 Kabupaten Bogor Rizalah Luqman Al-Farabi saat menghadiri Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi (LDKO) MAN 3 Kabupaten Bogor. (Foto: NU Online Jabar/Rizqy).

Kabupaten Bogor, NU Online Jabar
Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Kabupaten Bogor Rizalah Luqman Al-Farabi​ mengungkapkan pentingnya setiap manusia meneladani kepemimpinan Rasulullah SAW dan menjadikannya referensi serta menanamkan teladan tersebut pada setiap generasi penerus. Hal tersebut diungkap saat menghadiri kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi (LDKO) yang diselenggarakan oleh tim kesiswaan dan pembina Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MAN 3 Kabupaten Bogor, Sabtu (17/2/2024).


Dalam kesempatan tersebut, Kang Rizal menjelaskan makna dari tema kegiatan LDOK yakni Dzikir, Fikir dan Amal Shaleh.


"Setiap pribadi adalah pemimpin bagi dirinya dan sekitarnya. Ketahuhidan dan ibadah akan menjadi keteladanan dan ini penjabaran dari dzikir. Selain itu juga, calon pemimpin diharuskan memperkaya diri dengan berbagai referensi buku bacaan guna memperkaya diri dengan khazanah intelektual hingga akan mewujudkan ide inovasi, gagasan dan kreatifitas berkelanjutan," jelasnya saat diwawancara NU Online Jabar melalui Whatsapp.


Pria yang akrab disapa Kang Uwa tersebut menuturkan bahwa melaksanakan semua gagasan dengan penuh khidmat dan terukur dalam sebuah kerangka kerja dan program guna terukurnya capaian indikator merupakan sebuah amal shaleh dari kepemimpinan siswa MAN 3 Bogor.


"Selain itu dalam membentuk kepemimpinan yang organik senantiasa para siswa dan peserta LDKO diberikan keleluasaan dalam menyelesaikan masalah dan bermusyawarah," paparnya.


Kang Uwa menyebutkan pasca mengikuti kegiatan tersebut para peserta diharapkan mampu berperan dalam mengisi kehidupan berbangsa dan bernegara.


"Dalam rangka mempersiapkan generasi emas Indonesia tahun 2045 mendatang, siswa MAN 3 Bogor harus berperan dalam mengisi kehidupan berbangsa dan bernegara, dan ini yang sedang kami persiapkan," tandas pria yang juga merupakan salah seorang kader Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Bogor sekaligus alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) tersebut.


Sebagai informasi, LDKO merupakan kegiatan yang diselenggarakan sebagai tindaklanjut dari pengukuhan pengurus OSIS yang diikuti oleh seluruh pengusrus extrakurikuler MAN 3 Kabupaten Bogor. Kegiatan tersebut digelar selama dua hari mulai Sabtu (17/2/2024) hingga Ahad (18/2/2024).


Kabupaten Bogor Terbaru