Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Hadiri Haul Buyut Maskijan, Habib Muhammad bin Ali bin Yahya: Beliau Punya Amal Banyak

Hadiri Haul Buyut Maskijan, Habib Muhammad bin Ali bin Yahya: Beliau Punya Amal Banyak
Hadiri Haul Buyut Maskijan, Habib Muhammad bin Ali bin Yahya: Beliau Punya Amal Banyak. (Foto: Tehan As).
Hadiri Haul Buyut Maskijan, Habib Muhammad bin Ali bin Yahya: Beliau Punya Amal Banyak. (Foto: Tehan As).

Indramayu, NU Online Jabar
Masyarakat Blok Kebon Sidamulya, Kecamatan Bongas, memperingati Haul Almaghfurlah Buyut Maskijan pada Sabtu (16/07). Buyut Maskijan merupakan tokoh ulama penyebar agama Islam di Kecamatan Bongas yang kharismatik sekaligus salah satu santri Syaikhuna Kholil Bangkalan Madura. Rangkaian kegiatan Haul tahun 2022 ini diisi dengan ziarah kubur ke makbaroh Buyut Maskijan dan Kiai Jamhuri dan dilanjut dengan pembacaan Shalawat Wabarik serentak serta tausyiah dari Al Habib Muhammad bin Ali bin Yahya.


Terkait perjalanan hidupnya, diketahui Buyut Maskijan memiliki tujuh anak, di antaranya adalah Khodijah, Saudah, Masduki, Ramli, Tasiyah, Sawiyah, dan Kholil.


Pada masa itu, wilayah Bongas Kebon merupakan pusat keagamaan, pengajian ajaran agama Islam di daerah itu dilakukan oleh Buyut Maskijan tersebut. Sepeninggal Buyut Maskijan, dakwah dalam menyebarkan ajaran Islam yang sudah ditanamkannya kemudian dilanjutkan oleh cucunya yakni Kiai Jamhuri.


Dalam mendakwahkan ajaran agama Islam, menurut cerita salah satu keturunannya yakni Kiai Abdus Syakur, Buyut Maskijan dikabarkan pernah sampai dibakar hidup-hidup, akan tetapi tubuhnya tetap selamat.


"Mbah Buyut Maskijan dibakar dalam kondisi tumpukan kayu, di bawah 5 kubik, di atas 5 kubik," tutur Kiai Abdus Syukur.


Selain memiliki kemampuan yang di atas rata-rata orang biasa, Buyut Maskijan diketahui memiliki kepribadian yang dermawan "Buyut Maskijan merupakan pribadi yang dermawan, bahkan rela menyumbangkan hartanya untuk orang-orang mualaf,” kata Kiai Abdus Syukur.


Sementara itu Al Habib Muhammad bin Ali bin Yahya menyampaikan tausiyah di acara Haul Buyut Maskijan tersebut.


"Buyut Maskijan orang yang memiliki amal banyak, hingga kita semua belajar padanya. Mudah-mudahan kegiatan Haul ini mendapatkan berkah dan ridha dari Allah SWT," ujarnya.


Untuk diketahui, kegiatan Haul Buyut Maskijan dihadiri oleh ratusan orang baik dari santri, keturunan Buyut Maskijan, sampai dengan Pemerintah Kecamatan Bongas.


Pewarta: Tehan As
Editor: Ari AJ/MRF

Terkait

Indramayu Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×