Home Nasional Warta Adrahi Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

KH Alvian Iqbal Zahasvan Ungkap Khasiat Sholawat Nariyah 

KH Alvian Iqbal Zahasvan Ungkap Khasiat Sholawat Nariyah 
KH Alvian Iqbal Zahasvan Ungkap Khasiat Sholawat Nariyah (Foto: Hakim-NUJO)
KH Alvian Iqbal Zahasvan Ungkap Khasiat Sholawat Nariyah (Foto: Hakim-NUJO)

Bogor, NU Online Jabar 
Sholawat at-Taziyah atau at-Tafrijiyah atau al-Kamilahh atau biasa orang di Indonesia menyebutnya sholawat nariyah adalah sholawat yang sering diamalkan oleh para salafus soleh baik di Nusantara maupun di mancanegara. Sholawat ini bahkan masyhur di Maroko karena seorang sufi sekaligus wali yang berasal dari Kota Taza yang berada di Maroko yakni Syekh Ibrahim At-Tazi juga. 


Di Mesir sholawat ini dikenal dengan sebutan An-Nariyah karena dahsyatnya sholawat ini seperti api yang cepat membakar atau dalam artian cepat terkabulkannya hajat atau keinginan ketika dibarengi dengan mengamalkan sholawat ini  'من حيث سرعة الاجابة'


Menurut penulis buku Shalawat Nariyah: Sejarah dan Khasiatnya, KH. Alvian Iqbal Zahasvan mengungkapkan bahwa barang siapa yang mendawamkan sholawat nariyah setelah sholat lima waktu maka akan segera dikabulkan hajatnya dan dijauhkan dari marabahaya.


"Manfaat kita mendawankan, mengamalkan setelah sholat lima waktu minimal dengan membaca 11X, 41X, 100X, 313X, 1000X maka akan segera mendapatkan keinginannya, cita-citanya, dijauhkan dari marabahaya, terhindar dari kejahatan, dengan wasilah Rasulullah SAW sehingga Allah Swt mengabulkan doa-doa kita," terang Alumni Daar El-Hadits El-Hassania Maroko itu pada acara Stadium General dan bedah buku Shalawat Nariyah: Sejarah di Aula Terbuka Pesantren Hamalatul Qur’an, Sabtu (8/1). 


Adapun lafadz sholawat Nariyah adalah sebagai berikut :


أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ


KH Alvian Iqbal Zahasvan menuturkan bahwa ia mendapatkan ijazah tersebut dari Syekh Jamaluddin at-Tazi dari Syekh Hamzah At-Tazi saat di Maroko.


"Yang saya bacakan merupakan Sholawat Nariyah sesuai yang saya dapati saat di Maroko," ujar Alumni Pesantren Mahasiswa Darus Sunnah International Institute for Hadith Sciences asuhan Al-Marhum Dr. KH. Ali Musthafa Ya'qub.


"Bahwa siapa pun bisa terealisasikan cita-citanya dengan menghafal Al-Qur'an, dan Allah SWT amatlah mencintai orang yang hafal firmannya secara keseluruhan, maka dari itu mereka yang sudah hafal Al-Qur'an dengan mudah mendapatkan apa yang diinginkannya," sambungnya.


Syekh Imam Qurtubi dari Qordoba, Spayol adalah salah seorang Ulama yang pernah melakukan percobaan (tajribah) untuk membuktikan khasiat sholawat nariyah dan hasilnya sungguh luar biasa. 


من اراد ان تحصل امر مهم او دفع البلاء... فليقراء هذه الصلوات التفريجية


“Barang siapa yang ingin mendapatkan yang diinginkan (maksud, cita-cita, keinginan, segala hajat) atau ingin dijauhkan dari segala marabahaya, maka bacalah sholawat ini yakni sholawat At-Tafrijiyah atau An-Nariyah atau Al-Kamilah,”


Pimpinan Pondok Pesantren Hamalutul Qur’an Pagentongan, Kota Bogor, KH Tugabgus Asep Zulfikar juga mengungkapkan bahwa barang siapa mendawamkan sholawat nariyah maka akan mendapatkan keberkahan dari Nabi Muhammad Saw, akan dimudahkan segala hajatnya dengan izin Allah Swt. 


"Santri penghafal Qur'an Allah cintai mereka, terlebih mereka mendawamkan sholawat nariyah makan akan mendapatkan keberkahan dari Kanjeng Nabi Muhammad Saw. Sehingga segala hajatnya akan dimudahkan, dengan ijin Allah Swt," tutur cucu Mama Falak Pagentongan tesebut.


Pewarta: Hakim, Mun'im Hasan
Editor: Agung Gumelar 

Hikmah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×