Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Anti Mainstream, Ajengan Satu Ini Hobi Bermain Golf 

Anti Mainstream, Ajengan Satu Ini Hobi Bermain Golf 
Ajengan R Makki Muhyiddin atau akrab disapa ajengan Makki, pengasuh Pondok Pesantren Al-Halim, Tarogong, Kabupaten Garut. (Foto: NUJO/Agung Gumelar)
Ajengan R Makki Muhyiddin atau akrab disapa ajengan Makki, pengasuh Pondok Pesantren Al-Halim, Tarogong, Kabupaten Garut. (Foto: NUJO/Agung Gumelar)

Bandung, NU Online Jabar
Seorang kiai identik dengan kegiatan mengajar dan mengasuh para santri di pondok pesantren. Namun, perlu diketahui bahwa kiai juga merupakan manusia biasa yang mempunyai kebutuhan salah satunya adalah mengenai hobi. 

 

Berbicara masalah hobi, ada salah seorang kiai muda asal Kabupaten Garut mempunyai hobi yang cukup unik dan mungkin masih jarang sekali dilakukan terutama di kalangan para kiai Nahdlatul Ulama (NU). 

 

Ia adalah ajengan R Makki Muhyiddin atau akrab disapa ajengan Makki, pengasuh Pondok Pesantren Al-Halim, Tarogong, Kabupaten Garut. Hobinya bermain golf, ia aktif bermain golf sejak tahun 2017. Biasanya ajengan Makki bermain golf seminggu sekali ketika kegiatan mengajar di pondok pesantren libur. 

 

Awalnya, ia hanya ingin mengisi waktu luang dengan jalan kaki di lingkungan pondok pesantren untuk berolahraga. Namun, kegiatan itu dirasa mengganggu kenyamanan para santri dan privasinya. Sampai pada akhirnya salah seorang saudaranya mengajaknya untuk coba bermain golf. 

 

“Kan olahraga yang paling baik itu jalan kaki, terus lamun di pondok kan lamun ngehajakeun jalan kaki karunya santri. Santri lamun aya kiai teh sok ka ganggulah privasina ka ganggu. Terus mikir kumaha carana jalan kaki tapi bari aya olahragaan gitu, aya permainan. Nah kebetulankan di Garut aya Ngamplang, ditambah lagi sodara ada yang suka ke Ngamplang jadi saya dibawa sama sodara ke sana,” 

 

(Kan olahraga yang paling baik itu jalan kaki, terus kalau di pondok sengaja jalan kaki kasian sama santri. Kalau ada kiai, santri itu suka keganggu privasinya, terus saya berpikir gimana caranya jalan kaki sambil olahraga tapi ada permainannya. Dan kebetulan di Garut ada Ngamplang (lapangan golf), kebetulan saudara saya sering ke sana jadi saya di bawa saudara ke sana).

 

Namun, hobinya ini sempat terhenti selama 2 tahun akibat pandemi. Dan belakangan ia sengaja berlatih untuk mengikuti event Golf Bareng (Gobar) Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) beberapa waktu lalu. 

 

Menurutnya, bermain golf membutuhkan ketenangan dan fokus dalam permainan sehingga hal ini dapat membantu menjernihkan pikiran dan menghilangkan stres. Di sisi lain ia juga menjadikan hobinya ini sebagai wadah untuk bersilaturahmi. 

 

Ajengan muda yang sempat menimba ilmu di pondok pesantren Roudlatul Ihsan Petuk, Kediri, Jawa Timur asuhan KH Abdul Karim Fanani (Mbah Manaf) ini menuturkan bahwa ada filosofi kehidupan yang bisa diambil dari bermain golf:

 

اَرِحْ نَفْسَكَ مِنَ التَّدْبِيْرِ

 

Tenangkanlah nafsumu (keinginanmu) dari urusan tadbir (yakni bersusah-payah dan merasa risau di dalam mengatur keperluan-keperluan hidup)

 

“Tong panjang angan-angan, urangmah sekamampuan urang wae”

(Jangan terlalu berangan-angan, lakukan saja semampunya)

 

Dalam bermain golf semuanya fokus pada satu tujuan yakni memasukkan bola ke dalam hole (lubang tempat memasukkan bola), tidak melihat bagaimana orang lain melakukannya, tidak boleh ada yang berbicara yang lain hendak memukul bola, ada aturan dan etika yang harus dipenuhi.

 

Sama seperti dalam menjalani kehidupan semuanya mempunyai tujuannya masing-masing dan caranya sendiri-sendiri. Menghargai orang lain dan tidak mengganggunya untuk mencapai tujuan dalam hidupnya. 

 

Itulah sekilas tentang Ajengan Makki, kiai muda asal Garut yang hobi bermain golf. Semua aktivitas yang dilakukan bisa bermanfaat bahkan bisa bernilai ibadah tergantung bagaimana kita menjalaninya. (Agung Gumelar)

Terkait

Garut Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×