• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Minggu, 14 April 2024

Daerah

Sukses Kelola Zakat Fitrah,  LAZISNU Indramayu Santuni Lebih 50 Ribu Fakir Miskin

Sukses Kelola Zakat Fitrah,  LAZISNU Indramayu Santuni Lebih 50 Ribu Fakir Miskin
LAZISNU Indramayu sedang membagikan zakat
LAZISNU Indramayu sedang membagikan zakat

Indramayu, NU Online Jabar
Lebih dari 50 Ribu orang fakir miskin, anak yatim dan para mustahik zakat lainnya se-Kabupaten Indramayu mampu dijangkau oleh Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Indramayu, dengan diberikan santunan dari hasil pengumpulan Zakat Fitrrah pada Hari Raya Idul Fitri tahun 2021 ini.

Ketua LAZISNU Indramayu, Komarudin kepada NU Online Jabar, Jumat (14/5) menjelaskan, minimal 150 mustahik (penerima) zakat di setiap desa dan kelurahan se Kabupaten Indramayu  telah mendapat santunan.

 

“Jika 150 orang itu dikalikan dengan jumlah total  desa dan kelurahan sebanyak 317, maka jumlah fakir miskin, anak yatim dan para mustahik lainnya yang telah tersantuni sebanyak 47.550 orang, itu baru target minimal dan dalam praktiknya tentu lebih dari 150 orang setiap desanya yang telah menerima penyaluran zakat fitrah pada lebaran tahun ini, sehingga lebih dari 50 Ribu mustahik,” ungkap Ketua LAZISNU Indramayu.

Komarudin menambahkan, pada Lebaran Idul Fitri 1442 H ini pihaknya telah menerima laporan sementara dari Upzis di setiap kecamatan dengan total penerimaan zakat fitrah berupa beras sebanyak 150 Ton dan hal itu meningkat 90 persen lebih dari tahun sebelumnya yang hanya 80 ton.

 

“Ini masih data laporan sementara dan dari setiap UPZIS kecamatan masih terus melakukan rekapitulasi sehingga pada laporan ahir nanti kita optimis lebih dari 150 Ton beras yang telah dikumpulkan oleh LAZISNU Indramayu sehingga peningkatan pada tahun 2021 ini dari 100 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” jelasnya. 

“Alhamdulillah tingkat kepercayaan masyarakat terhadap LAZISNU terus meningkat, sehingga pada tahun 2021 ini masyarakat Indramayu berbondong-bondong menyalurkan zakat fitrahnya melalui LAZISNU, sehingga bisa meningkat lebih dari 100 persen dari tahun lalu,” tambahnya

Komarudin menjelaskan, selain menerima penyaluran zakat firah berupa beras, LAZISNU Indramayu juga menerima dalam bentuk uang, namun jumlahnya hingga saat ini masih belum terekapitulasi, bahkan banyak pihak yang memberikan shadaqah dalam bentuk barang atau bahan makanan. 

“Di UPZIS Kecamatan Indramayu ada pengusaha kerupuk udang yang memberikan shadaqah berupa kerupuk mentah dengan jumlah puluhan kwintal, sehingga langsung dibagikan kepada para mustahik dan mereka menerima santunan bukan hanya berupa beras, tetapi ada kerupuk yang bisa dimasak untuk hari lebaran,” ujar Komarudin dengan senyum sumringah.

Di ahir penjelasannya, Ketua LAZISNU Indramayu mengungkapkan rasa haru, bangga dan bahagia serta ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Indramayu yang telah mempercayakan penyaluran zakat fitrahnya melalui LAZISNU.

“Kami dari PC LAZISNU Indramayu mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan kepercayaan besar kepada kami, selain itu kami juga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada para kiai, jajaran PCNU, MWC dan Ranting NU, lembaga serta Banom NU yang telah mendukung program LAZISNU dan mengarahkan umat agar orang NU zakatnya ya ke LAZISNU,” kata Koramudin.

“Tidak lupa kami juga memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para Upzi NU di setiap kecamatan dan desa serta Posko penerimaan Zakat Fitrah di pesantren, sekolah, masjid dan musholla yang telah bekerja keras menyukseskan program ini, semoga segala dedikasi, bantuan tenaga dan pikirannya diberikan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT…Aamiin,” pungkas Ketua LAZISNU Indramayu.

Pewarta: Iing Rohimin
Editor: Abdullah Alawi


Daerah Terbaru