Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

RMINU Bersama Pesantren Al-Jauhariyah Gelar MQK Se-Wilayah III Cirebon

RMINU Bersama Pesantren Al-Jauhariyah Gelar MQK Se-Wilayah III Cirebon
RMINU Bersama Pesantren Al-Jauhariyah Gelar MQK Se-Wliayah III Cirebon (Foto: NU Online Jabar)
RMINU Bersama Pesantren Al-Jauhariyah Gelar MQK Se-Wliayah III Cirebon (Foto: NU Online Jabar)

Cirebon, NU Online Jabar 
Dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional (HSN), Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Kabupaten Cirebon bersama Ponpes Al-Jauhariyah Balerante Palimanan Cirebon mengadakan Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) se-Wilayah III Cirebon di Pondok Pesantren Al-Jauhariyah Balerante, Kegiatan ini diadakan Selama Dua hari Penuh yaitu 20 -21 Oktober 2021 di  Ponpes Al-Jauhariyah Balerante, Rabu-Jumat (20-22/10).

Kegiatan yang diikuti oleh 271 santriwan dan santriwati dari berbagai pesantren di Wilayah III Cirebon ini menjadi ajang lomba yang cukup meriah. Antusiasme pesantren se-Wilayah III Cirebon tampak terlihat dari keikutsertaan para peserta.

Koordinator MQK RMINU Kabupaten Cirebon Ach Syaikhu Azmy mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menjaga dan mengembangkan literasi pesantren sebagai basis fikrah, harokah dan aqidah para santri. Selain itu, ini menjadi bukti komitmen RMI untuk mendukung pesantren-pesantren dalam melahirkan kader-kader ulama yang mumpuni di bidang ilmu agama. 

“RMI adalah organisasi NU yang khusus berkaitan dengan pesantren. Oleh karena itu, kegelisahan dan cita-cita pesantren adalah kegelisan dan cita-cita RMI juga,” ujarnya.

Hal ini senada dengan penuturan KH Badrudin Hambali, Ketua RMINU Kabupaten Cirebon yang menuturkan bahwa ada kesamaan orientasi dan cita-cita antara pesantren Al-Jauhariah dengan RMINU Kabupaten Cirebon sehingga ia menilai ini adalah kerja sama yang tepat.

“Pesantren Al-Jauhariah memiliki perhatian dan menyokong pesantren agar berkembang lebih maju, itu cocok dengan orientasi dan cita-cita RMINU. Oleh karena itu, kami menganggap kerja sama dengan Ponpes Al-Jauhariyah Balerante adalah pilihan yang tepat.” ujar pria yang akrab disapa Kang Bad ini. 

Dalam pelaksanaannya, panitia memilih dewan juri dari unsur Syuriyah NU di tingkat pusat sampai MWC. Dari tingkat pusat ada KH Taufiqurrahman Yasin (Syuriyah PBNU), di tingkat wilayah ada KH Niamillah Aqiel Siroj (Syuriyah PWNU Jabar), dari tingkat cabang ada KH Yasyif Maemun Syaerozie (Syuriah PCNU Cirebon), dan dari tingkat MWC ada Kiai Maman Saefurahman (Syuriyah MWCNU Palimanan).

Acara puncak rangkaian kegiatan acara HSN ini akan dihadiri oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqiel Siroj dan beberapa tokoh NU Wilayah Cirebon, serta jajaran pemerintah Kabupaten Cirebon yang akan turut berpartisipasi.

Editor: Agung Gumelar

Terkait

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×