Home Nasional Warta Adrahi Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

LPBH PWNU Jabar Tangani PMI Korban Trafficking Warga Karawang

LPBH PWNU Jabar Tangani PMI Korban Trafficking Warga Karawang
LPBH PWNU Jabar Tangani PMI Korban Trafficking Warga Karawang. (Foto: Ihsan).
LPBH PWNU Jabar Tangani PMI Korban Trafficking Warga Karawang. (Foto: Ihsan).

Bandung, NU Online Jabar
Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum (LPBH) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat, melakukan advokasi dan pendampingan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Karawang Sanah Suryani warga Pasir Congcot RT.004 RW. 002, Desa Wanajaya, Kecamatan Teluk Jambe Barat, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.


Sanah Suryani merupakan pekerja migran Indonesia yang diberangkatkan oleh oknum agen pemberangkatan PMI tanpa melalui prosedur resmi ke negara Arab Saudi.


H merupakan agen / sponsor yang dikenali oleh korban dengan nomor handphone 0818-1812-5*** dan  menggunakan Paspor nomor C8503878. Kini kondisi Sanah Suryani sedang sakit dan meminta kepada pihak kelurga untuk bisa pulang ke tanah air, namun pihak keluarga harus menyediakan anggaran sebesar Rp50 juta sebagai uang pengganti agen. 


"Nyonya Sanah Suryani saat ini kondisinya sedang sakit di Arab Saudi, dan meminta untuk dipulangkan ke Indonesia," kata Ketua LPBH PWNU Jawa Barat, Mahpudin, kepada NU Online Jabar Selasa (5/4).


Tim Hukum LPBH PWNU sebagai penerima kuasa dari suami korban, akan memperjuangkan nasib keluarga korban agar tidak dibebankan kewajiban denda sebesar Rp50 juta,  sehubungan dengan kondisi ekonomi keluarga saat ini.


Menurutnya, bahwa kondisi klien di negara Arab Saudi  sedang sakit disampaikan suaminya dan juga disampaikan langsung kepada Ketua LPBH PWNU Jawa Barat melalui pesan suara whatsapp.  setelah korban mengabarkan melalui Social Media Facebook dan memberitahukan keinginannya untuk bisa pulang ke Indonesia. 


Tim Kuasa Hukum LPBH PWNU  Jawa Barat, secara resmi sudah berkirim surat kepada Gubernur Jawa Barat melalui JABAR QUICK RESPONSE untuk dapat memproses kepulangan Istri Uce yang sudah menyerahkan sepenuhnya kasus yang menimpa keluarganya serta meminta kepada pihak kepolisian untuk menindaklanjuti oknum agen dari korban Trafficking tersebut.


"Kami berharap, Pemprov Jabar dan pihak kepolisian serta BP2MI  dapat menindaklanjuti surat permohonan kami," pungkasnya.


​​​​​​​Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×