Home Nasional Warta Adrahi Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

LKKNU Jabar Bersama LPBINU Bekali Santri untuk Siap Siaga Bencana 

LKKNU Jabar Bersama LPBINU Bekali Santri untuk Siap Siaga Bencana 
LKKNU Jabar Bersama LPBINU Bekali Santri untuk Siap Siaga Bencana. (Foto: NUJO/Nur)
LKKNU Jabar Bersama LPBINU Bekali Santri untuk Siap Siaga Bencana. (Foto: NUJO/Nur)

Sumedang, NU Online Jabar 
Pengurus Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) bersama Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Jawa Barat menggelar acara Halal Bihalal bersama santri Pondok Pesantren Modern An-Nuur, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Ahad (22/05). 

 

Dihadiri para tenaga pendidik dan jama’ah Pondok Pesantren Modern An-Nuur, acara ini diisi dengan kegiatan edukasi mengenai santri siaga bencana dan pesantren tanggap bencana yang dipimpin Ketua LPIBNU Jabar Dadang Sudardja. 

 

Sekitar 300 santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Modern An-Nuur mengikuti kegiatan edukasi ini. Mereka diberi pembekalan mengenai pentingnya memiliki kesadaran dan pengetahuan tentang cara melindungi diri menghadapi ancaman bencana dan memelihara lingkungan serta tidak menjadi bagian dari orang-orang yang merusak lingkungan. 

 

“Di pondok pesantren belum ada jalur-jalur evakuasi apabila terjadi suatu bencana yang tidak diharapkan. Saya melihat kasus kebakaran di Karawang yang pernah terjadi di Ponpes. Ketika terjadi kebakaran santri tidak bisa menyelamatkan dirinya karena mungkin tatanan lokasi yang dihuni oleh santri belum sesuai dengan aturan yang akan memberikan keselamatan dan kenyamanan bagi santri,” ujar Ketua LKKNU Jabar Lilis Santika. 

 

Sementara itu terkait dengan pemeliharaan lingkungan, Dadang Sudardja mengatakan pentingnya menumbuhkan kesadaran untuk menjaga lingkungan bisa meminimalisir terjadinya perusakan terhadap lingkungan yang bisa mengakibatkan terjadinya bencana alam. 

 

“Lingkungan yang rusak dapat mengakibatkan menurunnya daya dukung ekologis dan bisa menjadi bencana,” kata Dadang. 

 

“Ke depan LPBINU Jawa Barat bekerja sama dengan LPBINU Kabupaten Sumedang akan menyelenggarakan program satuan pendidikan aman bencana di satuan pendidikan dan pesantren dan untuk Sumedang akan dimulai dari Ponpes Modern An-Nuur,” pungkasnya. 

 

Diharapkan, dari kerja sama ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi para santri dan pihak pondok pesantren dalam hal cepat tanggap pencegahan dan penanggulangan bencana. 

 

Pewarta: Nur Ma’rifah Aini 
Editor: Agung Gumelar 

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×