Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Kunjungi Bogor, Habib Luthfi bin Yahya Resmikan Joglo Makam Raden Saleh Sjarif Bustaman

Kunjungi Bogor, Habib Luthfi bin Yahya Resmikan Joglo Makam Raden Saleh Sjarif Bustaman
Rais 'Aam Jatman Habib Luthfi bin Yahya meresmikan Joglo makam Raden Saleh Sjarif Bustaman di Kota Bogor, Rabu (29/9).
Rais 'Aam Jatman Habib Luthfi bin Yahya meresmikan Joglo makam Raden Saleh Sjarif Bustaman di Kota Bogor, Rabu (29/9).

Bogor, NU Online Jabar
Rais 'Aam Jam'iyyah Ahlu Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyyah (Jatman) Habib Luthfi bin Yahya meresmikan Joglo makam Raden Saleh Sjarif Bustaman atau yang lebih dikenal dengan nama Raden Saleh Syarif Bustaman yang terletak di jalan Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor Jawa Barat, Rabu (29/9). Nama asli Raden Saleh adalah Sayyid Sholeh bin Husein bin Awudh bin Hasan bin Awudh bin Hasan bin Idrus bin Muhammad bin Hasan bin Yahya, lahir di Semarang 1813 dan wafat di kota Bogor 1880.

Acara diawali dengan khataman Al-Qur'an, pembacaan qosidah Burdah, dan doa akhir acara oleh Syekh KH. Zein Zarnuzi pimpinan pondok pesantren Raudhotul Hikam Cibinong. Setelah itu, Prasasti yang sudah disiapkan langsung ditandatangani oleh Abah Habib Luthfi, setelah memberikan tausyiah terkait sepak terjang seorang Waliyullah dalam mencintai tanah airnya dengan goresan warna-warni nan indah menjadi maha karya lukisan yang diakui oleh dunia pada masanya. 

"Bukan hanya sebagai pelukis ulung, tetapi juga sebagai pahlawan nasional yang sangat mengerti sehelai rumput yang kering, sebutir pasir Indonesia, dan kehormatan sebagai taruhannya," ucap Habib yang juga merupakan pemimpin forum sufi dunia ini.

Lanjut Habib Luthfi, Raden Saleh termasuk salah satu yang nasabnya sampai kepada Rasulullah SAW.

"Sohibul makam Raden Saleh jalur nasabnya bersambung sampai Rasulullah dan Ibunya bersambung sampai sahabat Abu Bakar, dalam riwayat Raden Saleh sangat mengidolakan kepahlawanan pangeran Diponegoro," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Bogor Bima Arya mengucapkan terima kasih kepada Habib Luthfi telah menyempatkan waktu untuk datang ke Koyta Bogor.

"Terima kasih kepada Abah Habib Luthfi yang telah datang di Kota Bogor dengan menguak mutiara yang terpendam, sehingga kita semua mengetahui kewalian dan kepahlawanan seorang tokoh Raden Saleh," Ungkap Wali Kota Bogor Bima Arya saat memberikan sambutan. 

Selain itu, Ketua MUI kota Bogor KH. Musthofa Abdullah bin Nuh menyatakan bahwa:

لا يعرف الولي الا الولي

"Alhamdulillah dengan datangnya Abah Luthfi menghadiri Makam ini, menjadi keberkahan untuk kita semua dan dapat mengungkap yang selama ini tertutup dari kita,"

Untuk diketahui, acara tersebut dihadiri oleh para pejabat negara, Wali Kota Bogor Bina Arya beserta wakil dan jajaran Pemkot, Ketua MUI Kota Bogor KH. Musthofa Abdullah bin Nuh, Rois Syuriah, Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Bogor, MWCNU Bogor Barat, Utara, Timur, Tengah, Selatan Kota Bogor, Ansor Kota Bogor, Ansor Cobinong, Ketua RMI kabupaten. Bogor KH. Abdul Basit, Seniman Dr. H. Budi Scahwarzkrone, Seniman R. Sigit Wicaksono, sepuh Pagentongan Syekh Hakim Agus Fauzan serta Koordinator acara peresmian Joglo dan Penandatanganan Prasati Makam Raden Saleh Gus Tarmidzi..

Pewarta: Abdul Hakim Hasan
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×