Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Kiai Zakky: Dari Al-Qur'an, Lahir Ilmu-Ilmu Agama yang Sangat Luas

Kiai Zakky: Dari Al-Qur'an, Lahir Ilmu-Ilmu Agama yang Sangat Luas
Kiai Zakky: Dari Al-Qur'an Lahir Ilmu-Ilmu Agama yang Sangat Luas (foto: Fb KH Zakky Mubarak Syamrakh)
Kiai Zakky: Dari Al-Qur'an Lahir Ilmu-Ilmu Agama yang Sangat Luas (foto: Fb KH Zakky Mubarak Syamrakh)

Jakarta, NU Online Jabar
Salah seorang Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Zakky Mubarak menjelaskan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan di dunia ini lahir dari Al-Quran, termasuk ilmu-ilmu agama lainnya dari dari hasil perkembangan ayat-ayat Al-Quran.


“Ayat-ayat Qur’aniyah atau Al-Qur’an dari ayat-ayat ini dikembangkan sedemikian rupa melahirkan ilmu-ilmu agama yang sangat luas, dari kajian akidah kemudian meluas dengan berbagai ahlinya, menjadi ilmu kalam dengan berbagai macam alirannya,” kata Kiai Zakky melalui video yang diunggah di akun facebooknya Zakky Mubarak Syamrakh, Kamis (19/5/22).


Kemudian kata Kiai Zakky hasil dari perkembangan atau kajian dari para ahli dan ulama abad lalu dari ayat Al-Quran tersebut lahir kajian fiqh, tasawuf, filsafat dan ilmu lainnya.


“Dari syariah berkembang menjadi fiqh melahirkan ahli-ahli yang sangat banyak dengan mazhab-mazhabnya. Pengembangan dari akhlak menjadi ilmu tasawuf, berkembang sedemikian rupa dengan aliran-alirannya juga, demikian juga filsafat, nah dari kajian-kajian terhadap al-quran atau ayat yang tertulis itu maka lahirlah ilmu-ilmu agama yang sangat luas,” terangnya.


Dalam ayat Al-Quran lanjut Kiai Zakky ada yang disebut ayat Qauniyah, dari ayat tersebut melahirkan ilmu pengetahuan sains dan teknologi


“Ayat-ayat qauniyah melahirkan ilmu pengetahuan sains dan teknologi yang sangat luas, ada ilmu biologi, geologi ada ilmu yang kita kenal kesehatan, ada ilmu humaniora dan lain-lain sehingga melahirkan sains dan teknologi yang luas. Itu dibuktikan hal ini dengan tumbuh kembangnya fakultas-fakultas di perguruan tinggi,” ujarnya.


“Nah kita meyakini bahwa Al-Quran itu merupakan pedoman hidup umat, dan ini terbukti bahwa dari Al-Quran dapat melahirkan ilmu-ilmu pengetahuan lain, ilmu agama, dan ilmu sains dan teknologi,” pungkasnya.


Pewarta: Abdul Manap

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×