• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Minggu, 23 Juni 2024

Daerah

Halal Bihalal Makom Albab, Kiai Juhana Ajak Santri Ambil Peran dalam Perubahan Peradaban Dunia

Halal Bihalal Makom Albab, Kiai Juhana Ajak Santri Ambil Peran dalam Perubahan Peradaban Dunia
Halal Bihalal Makom Albab, Kiai Juhana Ajak Santri Ambil Peran dalam Perubahan Peradaban Dunia. (Foto: Asep Shodiqin Maulana).
Halal Bihalal Makom Albab, Kiai Juhana Ajak Santri Ambil Peran dalam Perubahan Peradaban Dunia. (Foto: Asep Shodiqin Maulana).

Cirebon, NU Online Jabar
Majelis Komunikasi Alumni Babakan (Makom Albab) Ciwaringin Cirebon Jawa Barat menggelar Halal bi Halal dan Reuni Nasional, Sabtu (7/5) yang bertempat di Pondok Pesantren Kebon Jambu Babakan Ciwaringin, Cirebon. Kegiatan tersebut mengambil tema Membangkitkan Harokah Kaum Santri untuk Membangun Peradaban Dunia.


Pengasuh pondok pesantren Kebon Jambu Babakan Ciwaringin Hj Masriyah Amva berterima kasih dengan terselenggaranya kegiatan halal bihalal tersebut.


"Mudah-mudahan allah memberkahi tingkah laku kita, perbuatan kita yang ditujukan untuk Allah SWT dengan keberkahan yang sebesar-besarnya sehingga kita pulang membawa keberuntungan yang luar biasa besarnya," ujarnya.


Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Makom Albab H. Juhana Zulfan menjelaskan, halal bihalal ini bertujuan untuk menjalin silaturrahmi para alumni dengan Para Pengasuh dan Keluarga Besar Pesantren, memperkuat tata kelola organisasi kealumnian, memperkuat jalinan dan jejaring alumni Pesantren dalam ruang lingkup nasional dan dunia serta memperkuat konsolidasi dan mobilisasi santri dan alumni Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon untuk membangun peradaban dunia yang lebih baik.


Kiai Juhana juga mengungkapkan terkait perkembangan Makom Albab ini. Ia menyebutkan, organisasi ini sudah semakin menggeliat atau bergerak. 


"Jadi, cita-citanya santri itu bukan hanya diinternal babakan saja, tapi untuk bisa merubah peradaban dunia. Insya Allah lahir dari babakan ini, kita semua bisa berperan didalam dinamika kehidupan di seluruh lapisan masyarakat," ungkapnya.


Menurutnya, santri itu mau mengabdi dimana saja dipersilahkan.


"Mudah-mudahan dari babakan ini bisa melahirkan generasi-generasi dari pondok sini dengan barokah dari para kiai dan ilmu yang diberikan oleh para masyaikh bisa bermanfaat untuk kehidupan peradaban dunia," tandasnya.


Untuk diketahui, acara yang digelar satu hari ini diisi dengan Orasi Ilmiah yang bertemakan Moderasi Beragama dalam Dunia Pesantren oleh perwakilan dari Kementerian Agama RI. Lalu, acara dilanjutkan dengan Diskusi Panel dengan tiga sub tema untuk mengembangkan poin-poin pemikiran strategis Menteri Agama RI. (1) “Modernisasi Pendidikan di Era Milineal”, dengan pembicara Dr. KH. Manarul Hidayat dan Dr. KH. Dedi Wahidi; (2) “Kiprah Alumni Pondok Pesantren dalam Membangun Kemaslahatan Umat”, dengan pembicara Prof. Dr. H. Ermaya Suradinata dan Laksma Drs. H. Ian Heryawan; dan (3) “Membangun Perekonomian Pesantren dan Santri di Era Kompetitif Global”, dengan pembicara Dr. KH. Fauzan Harun dan Dr. KH. Muhadi.


Setelah itu, acara ditutup dengan doa yang akan disampaikan KH. Zamzami Amin, Pengasuh Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin dan Ketua MUI Kabupaten Cirebon dan dihadiri pula oleh Ketua PWNU Jawa Barat, KH Juhadi Muhammad. 


Pewarta: Muhammad Rizqy Fauzi


Editor:

Daerah Terbaru