• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Cianjur

LPBINU Jabar Lakukan Pembinaan PMR di Desa Ciwalen

LPBINU Jabar Lakukan Pembinaan PMR di Desa Ciwalen
Kegiatan pembinaan PMR di Desa Ciwalen, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang digelar LPBINU Jabar di Gedung TPS3R Desa Ciwalen, Kamis (12/10/2023).
Kegiatan pembinaan PMR di Desa Ciwalen, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang digelar LPBINU Jabar di Gedung TPS3R Desa Ciwalen, Kamis (12/10/2023).

Cianjur, NU Online Jabar
Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Jawa Barat mengadakan pembinaan Palang Merah Remaja (PMR) di Desa Ciwalen, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (12/10/2023).


Kegiatan pembinaan Palang Merah Remaja di tingkat desa ini merupakan tindak lanjut program Desa Tangguh Bencana LPBINU Jabar yang bekerja sama dengan Save The Children Indonesia.


Kegiatan ini melibatkan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur sebagai narasumber. Diikuti 50 peserta yang mewakili guru, siswa, tim Siaga, dan Karangtaruna yang berasal dari 8 sekolah yang berada di Desa Ciwalen.


Dalam pembinaan tersebut, para peserta melakukan praktek pertolongan pertama pada gawat darurat (PPGD), kemudian melakukan diskusi dan menerima pemaparan yang disampaikan oleh pemateri.


“Output dari kegiatan ini para peserta diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pertolongan gawat darurat ketika terjadi bencana,” kata Ketua LPBINU Jabar, Dadang Sudardja yang akrab disapa uwa Dadang di sela-sela pembinaan.


Uwa Dadang menambahkan, kegiatan pembinaan palang merah remaja ini mendapat sambutan yang positif dari para peserta, hal ini terlihat dari antusiasme peserta dalam mengikuti pelatihan. 


“Selanjutnya hasil pelatihan akan diujicobakan ketika nanti pada praktek/simulasi tanggap darurat bencana yang akan dilaksanakan Minggu depan dengan melibatkan banyak pihak, di antaranya BPBD kabupaten Cianjur, Dinas Sosial PMI, Pramuka , DAMKAR, Guru dan siswa serta masyarakat,” tandasnya.


Pewarta: Agung Gumelar


Cianjur Terbaru