Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Nasional

Pimpin PPI Kawasan Timtengka, Chudlori Harapkan Timur Tengah Jadi Poros Intelektual Pelajar Indonesia

Alumnus Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin Kabupaten Cirebon, Mohammad Al Chudlori

Tunisia, NU Online Jabar
Alumnus Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin Kabupaten Cirebon terpilih menjadi Koordinator Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia Kawasan Timur Tengah dan Afrika atau PPIDK Timtengka periode 2022-2023.


Ia adalah Mohammad Al Chudlori, mahasiswa asal Kabupaten Indramayu yang tengah mengenyam pendidikan Magister di Universitas Az Zaituna Tunisia. Chudlori sapaan akrabnya menyelesaikan pendidikan sarjananya di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir pada tahun 2018.


Selain sebagai mahasiswa, Chudlori aktif di Lembaga Kaderisasi (LK), dan Lembaga Media dan Informasi (LMI) Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Mesir.


Chudlori terpilih sebagai Ketua koordinator PPIDK Timtengka bersama Nurul Khair sebagai wakilnya. Nurul adalah mahasiswa asal Kendari Sulawesi Tenggara


Baca Juga:
Bincang Isu Perempuan dan Anak, Kopri Kuningan Bahas Darurat Kekerasan Seksual dan Stunting 


Pemilihan ketua koordinator ini dilaksanakan pada hari Ahad 24 Juli 2022 secara virtual dengan diikuti oleh mahasiswa perwakilan dari negara-negara kawasan Timur Tengah dan Afrika, yaitu ada sebanyak 18 negara, diantaranya Mesir, Maroko, Arab Saudi, Tunisia, Afrika Selatan, Oman, Uni Emirat Arab (UEA), Iran dan negara- negara lainya. 


Chudlori menyampaikan, visi yang akan dibawanya yaitu menjadikan PPIDK Timtengka sebagai poros intelektual pelajar Indonesia.


“Dapat diartikan segala sesuatu baik pemikiran ataupun pergerakan didasarkan atas intelektualitas yaitu mengandalkan kecerdasan dan loyalitas," katanya.


Baca Juga:
Buka Rakornas XV KMHDI, Wapres Minta Generasi Muda Rawat Indonesia dengan Keseimbangan Alam dan Lingkungan


Program unggulan yang akan dibawa Chudlori dan Nurul Khair yaitu diantaranya


“Pertama, Sapa Dubes, Program silaturahmi dengan para Duta-duta Besar RI di Kawasan Timur Tengan dan Afrika. Kedua Ayo Traveling, program penguatan jejaring dengan Civil Society dan organisasi kemahasiswaan di Indonesia,” tuturnya. 


Ketiga lanjutnya, “Akademi Intelektual (Akil), penguatan Tri Dharma Pendidikan yang meliputi pendidikan dengan menyiapkan sekolah kepenulisan, penelitian dan pengabdian yang diimplementasikan melalui karya tulis,” terangnya.


Chudlori berharap terpilihnya sebagai ketua koordinator PPIDK Timtengka bisa merealisasikan program unggulannya serta visinya dan diberikan kelancaran dalam pelaksanaannya. 


“Semoga prestasi ini bisa menjadi teladan bagi santri lainya,” pungkasnya. 


Pewarta: Farid Hamdani
Editor: Abdul Manap

M. Rizqy Fauzi
Editor: Abdul Manap