Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Nasional

Guru Besar UIN Bandung: Pesan Pemerintah terkait Informasi Covid-19 Tidak Efektif

Guru besar Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung Asep Saeful Muhtadi (Foto: FB Asep Saeful Muhtadi)

Bandung, NU Online Jabar 
Guru besar Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung Asep Saeful Muhtadi menilai komunikasi pemerintah dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 kurang efektif.  

“Kalau dilihat dari dampak yang masih tinggi, berarti belum berefeknya pesan pencegahan dari pemerintah, maka komunikasinya belum efektif,” katanya.

Baca: Rais Syuriyah PWNU Jabar: Pakailah Masker, Niatkan sebagai Ibadah

Menurut Asep, komunikasi yang efektif sebaiknya dilakukan melalui pendekatan-pendekatan yang lebih kultural dan fungsional.

“Hindari komunikasi struktural yang mengedepankan kekuasaan,” ujarnya, Kamis (10/9/20).

Komunikasi kultural, lanjutnya, dilakukan dengan mempertimbangkan latar kultural sasaran komunikasinya. 

“Para komunikan itu bukanlah sesuatu yang kosong, tapi mereka sarat muatan, mereka punya kultur, ide cita-cita dan lain-lain,” ucapnya.

Untuk diketahui, kasus Covid-19 di Indonesia pada kamis (10/9) mencetak rekor baru, yaitu tembus 3.861 kasus sejak kasus pertama terungkap pada 2 Maret lalu.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan yang diakses dari infeksiemerging.kemenkes.go.id. pada Sabtu (12/9) terdapat 3.737 kasus baru Covid-19, sehingga totalnya menjadi 210. 940orang.

Pewarta: Abdul Manap
Editor: Abdullah Alawi 

 

Editor: Abdullah Alawi

Artikel Terkait