• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 18 Juni 2024

Sumedang

Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Luluskan 458 Santri Penghafal Qur'an dalam Wisuda Khotmil Qur'an Ke-XVII

Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Luluskan 458 Santri Penghafal Qur'an dalam Wisuda Khotmil Qur'an Ke-XVII
Wisudawan/Wisudawati Pesantren Al-Hikamussalafiyyah (Foto: Ayi Abdul Kohar)
Wisudawan/Wisudawati Pesantren Al-Hikamussalafiyyah (Foto: Ayi Abdul Kohar)

Sumedang, NU Online Jabar
Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Sukamantri Tanjungkerta Sumedang menggelar wisuda santri penghafal Qur'an. Kegiatan yang dinamakan Wisuda Khotmil Qur'an Ke-XVII ini meluluskan sebanyak 458 santri yang dilaksanakan di Lapangan Pesantren Al-Hikamussalafiyyah, Ahad (31/12/2023).


Pimpinan Pesantren Al-Hikamussalafiyyah, KH Sa'dulloh menyampaikan kegiatan wisuda merupakan kegiatan rutin tahunan yang suka dilaksanakan di Pesantren. Jumlah peserta wisuda untuk tahun ini sebanyak 458 santri yang terbagi dari 6 golongan.

 

"Golongan yang pertama yaitu golongan santri yang sudah menghafal Al-Quran juz 30. Jumlah pesertanya ada 251 santri. Golongan yang kedua yaitu santri yang sudah menghafal sebanyak 5 juz. Jumlahnya ada 45 orang,” katanya


Selanjutnya golongan yang ketiga yaitu para santri yang sudah menghafal sebanyak 10 juz yang berjumlah 53 orang. Golongan yang keempat yaitu para santri yang sudah menghafal 20 juz. Jumlah golongan ini sebanyak 12 orang.


“Golongan yang kelima yaitu golongan yang sudah menamatkann Al-Qur'an 30 juz dengan dibaca. Golongan ini berjumlah 66 orang. Dan golongan yang terakhir yaitu para santri yang sudah menghafal 30 juz. Jumlah golongan ini sebanyak 31 orang,” ujarnya


Rangkaian kegiatan wisuda tahun ini dilaksanakan selama seminggu, lanjut KH Sa'dulloh. Dimulai pada tanggal 25 sampai 31 Desember 2023. Hari pertama awal kegiatan dimulai dengan pelaksanaan Musyabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) antar pesantren se-Kabupaten Sumedang.


“Hari kedua diisi dengan kegiatan halaqoh ulama Al-Qur’an dan seminar kesehatan sehat ala warisan nusantara. Hari ketiga di isi dengan kegiatan temu alumni Pesantren Lirboyo se-Jawa Barat dan Musyawarahken Cabang III Himasal Priangan,” tuturnya


Selanjutnya hari keempat diisi dengan kegiatan sima'an Al-Quran di 40 masjid se Kecamatan Tanjungkerta. Para pembaca dalam simaan Al-Quran ini yaitu peserta wisuda khotmil Qur’an. Hari kelima yaitu kegiatan ziarah maqbaroh ke makam leluhur pendiri Pesantren Al-Hikamussalafiyyah.


Hari kelima kegiatannya yaitu pawai ta'aruf peserta wisuda. Para peserta wisuda diiringi oleh warga sekitar berjalan kaki berkeliling di jalan kecamatan sebagai upaya menyiarkan kegiatan wisuda kepada masyarakat luas.


Dan terakhir hari ketujuh yaitu hadir puncak Wisuda Khotmil Qur'an Ke-XVII Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah. 458 santri penghafal Qur'an diwisuda dalam kegiatan tersebut.


“Semoga semunya menjadi Ahlul Qur'an dan Hamilul Qur'an,” tutup KH Sa’dulloh. 


Pewarta: Ayi Abdul Kohar
 


Sumedang Terbaru