• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Sabtu, 20 April 2024

Subang

Ponpes Ibnu Hafidz Subang Gelar Wisuda ke-5, Luluskan 168 Santri Hafidz Qur'an

Ponpes Ibnu Hafidz Subang Gelar Wisuda ke-5, Luluskan 168 Santri Hafidz Qur'an
Wisuda ke-5 Ponpes Ibnu Hafidz Subang (Foto: NU Online Jabar)
Wisuda ke-5 Ponpes Ibnu Hafidz Subang (Foto: NU Online Jabar)


Subang, NU Online Jabar
Pondok Pesantren (Ponpes) Ibnu Hafidz Subang menggelar acara wisuda tahfidz ke-5 pada Sabtu (23/12/2023), di Jalan Haji Demak, Kampung Sukamulya, Desa Rancadaka, Subang. Acara tersebut berhasil meluluskan 168 santri yang telah menghafal Al-Qur'an.


Acara wisuda tahfidz ke-5 tersebut diikuti oleh 168 santri, terdiri dari 126 wisudawan juz 30 dan 42 wisudawan 30 juz, berasal dari jenjang SMP dan SMA.


Pengasuh Ponpes Ibnu Hafidz Subang, KH Taslim Hafidz, menyampaikan visi pesantren ini dalam mencetak pemimpin dunia yang hafal Al-Qur'an. 


"Para santri Pondok Pesantren Ibnu Hafidz agar tetap menjaga hafalan Al-Qur'an, sebab pesantren tahfidz bertaraf internasional ini memiliki visi menjadikan pemimpin dunia yang hafal Al-Qur’an," ujarnya.


Selain itu, KH Taslim menyampaikan tujuan dari acara wisuda tersebut untuk mengapresiasi santri yang telah menamatkan halafannya "Acara wisuda tahfidz ini bertujuan untuk mengapresiasi para hafidz Qur'an. Sekaligus memberikan penghargaan kepada mereka yang berjuang menjaga Al-Qur'an," tambah KH Taslim Hafidz.


Kiai Taslim dalam kesempatan tersebut menyampaikan pesan KH. Abdullah Hasani yang memberikan pesan khusus kepada para wisudawan, yakni agar senantiasa menjaga hafalan dan istiqomah mengulang hafalan.


Ponpes Ibnu Hafidz juga memberikan apresiasi khusus kepada wisudawan terbaik dengan menunjuk mereka sebagai Duta Tahfidz 2023. Ananda Riyadh Ahmad dan Ananda Azalia Az-Zahra menjadi Duta Tahfidz tahun ini.


"Kami menunjuk santri terbaik untuk menjadi Duta Tahfidz 2023. Pemilihan Duta Tahfidz ini melalui proses yang panjang untuk mencari santri yang mampu menjadi teladan bagi santri lainnya dalam proses menghafal Al-Qur’an ditinjau dari ketekunan, konsistensi, dan berakhlaqul karimah," kata Kiai Taslim.


Ponpes Ibnu Hafidz juga memberikan beasiswa S1, S2, dan S3 untuk wisudawan terbaik. Acara wisuda tahfidz ini turut dihadiri sejumlah tokoh dan pejabat dari dalam dan luar negeri.


Pondok Pesantren Ibnu Hafidz memiliki lima keunggulan, seperti hafal 30 juz dengan sanad yang menyambung ke ulama-ulama besar Mesir. Program ekstra kurikuler meliputi paskibra, silat, bola voli, futsal, panahan shalawa, hdroh, dan public speaking.


"Kegiatan wisuda tahfidz kelima ini berlangsung sangat meriah namun tetap khidmat. Ini merupakan kebanggaan luar biasa karena ada yang berhasil menyelesaikan bacaan bilghoib 30 juz dalam waktu 10 jam 15 menit, dan 40 santri hafal 30 juz selama lima bulan," ungkap Ustadz Taslim.
 


Subang Terbaru