• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Jumat, 23 Februari 2024

Purwakarta

Bantu Masyarakat Hadapi Krisis Air Bersih, GP Ansor Purwakarta Sigap Kirim 3 Mobil Tangki

Bantu Masyarakat Hadapi Krisis Air Bersih, GP Ansor Purwakarta Sigap Kirim 3 Mobil Tangki
Bantu Masyarakat Hadapi Krisis Air Bersih, GP Ansor Purwakarta Sigap Kirim 3 Mobil Tangki
Bantu Masyarakat Hadapi Krisis Air Bersih, GP Ansor Purwakarta Sigap Kirim 3 Mobil Tangki

Purwakarta, NU Online Jabar
Kondisi kekurangan air bersih yang terjadi di dua kecamatan di Kabupaten Purwakarta telah menjadi perhatian publik dalam beberapa minggu terakhir. Situasi ini menimbulkan keresahan warga karena terabaikannya kebutuhan akan air bersih yang sangat vital dalam kehidupan sehari-hari. 


Dalam menghadapi persoalan tersebut, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Purwakarta turun aksi dengan mengirimkan bantuan air bersih sebanyak 3 tangki. Tiga mobil tangki air bersih dikirim ke empat titik lokasi dimana warga sangat membutuhkan.


Sekretaris GP Ansor Kabupaten Purwakarta Asep Saepudin mengungkapkan pentingnya air bersih sebagai kebutuhan pokok masyarakat. 


"Bicara air bersih, ini kebutuhan dasar ya. Tidak bisa sampai berlarut-larut," ujar pria yang akrab disapa Aspud.


"Kawan-kawan Ansor dan Banser segera bergerak, semoga sedikit membantu," tambahnya.


Aspud menyebut, pihaknya sangat langkah Bupati Purwakarta untuk melakukan evaluasi terhadap PDAM Purwakarta.


"Dengan kejadian ini (kelangkaan air bersih), kita harus mendorong Bupati Purwakarta untuk segera melakukan evaluasi, agar kinerja PDAM bisa semakin baik dan masyarakat bisa mendapatkan air bersih sebagaimana seharusnya," terang Aspud.


Pihaknya juga berkomitmen siap menjadi mitra yang dapat diandalkan salah satunya dalam situasi darurat seperti ini. Aspud mengungkapkan, selain upaya bantuan darurat, diperlukan juga langkah-langkah jangka panjang dalam memperbaiki dan menjaga sistem penyediaan air bersih yang handal dan berkualitas. 


Ia berharap, bantuan ini dapat memberikan kelegaan sementara bagi warga yang terdampak. 


"Melalui kegiatan seperti pengiriman air bersih, organisasi pemuda ini berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat Purwakarta. Semoga kejadian ini menjadi momentum bagi pemerintah daerah dan semua pihak terkait untuk lebih memperhatikan dan meningkatkan kualitas pelayanan air bersih kepada masyarakat," tandasnya.


Sebagai informasi, dalam rangka membantu masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih, GP Ansor Purwakarta mengirimkan 3 tangki air bersih ke 4 titik lokasi di Kelurahan Nagrikaler, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta. 


Berdasarkan data yang diperoleh, matinya aliran air bersih dari PDAM di Kecamatan Purwakarta dan Kecamatan Babakancikao disebabkan oleh rusaknya mesin di bawah jembatan Sadang dan kebocoran pipa di wilayah Maracang. Kondisi ini berlangsung cukup lama, dan menjadi isu yang signifikan di daerah tersebut.


Pewarta: Muhammad Rizqy Fauzi


Purwakarta Terbaru