Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

PMII Padjadjaran Pangandaran Gelar Pelantikan Perdana

PMII Padjadjaran Pangandaran Gelar Pelantikan Perdana
PMII Padjadjaran Pangandaran Gelar Pelantik Perdana (Foto: NUJO/Soleh)
PMII Padjadjaran Pangandaran Gelar Pelantik Perdana (Foto: NUJO/Soleh)

Pangandaran, NU Online Jabar 
Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PK PMII) Universitas Padjadjaran Pangandaran menggelar pelantikan perdana pada Ahad (19/06/2022) kemarin. Pelantikan yang berlangsung di aula Desa Cintaratu itu mencetuskan gerakan untuk menjadi garda terdepan yang menjaga masyarakat dan mahasiswa dari paham-paham ideologis yang menyimpang. 

 

“Menjadi garda terdepan dalam pencegahan dini gerakan-gerakan ideologis yang menyimpang dengan basis kajian ilmiah dengan cara terjun berhadapan langsung dengan pelaku ideologis yaitu masyarakat dan mahasiswa," ujar Ketua Komi PMII Padjadjaran, Ahyarul dalam sambutannya di hadapan 79 peserta yang menghadiri acara pelantikan ini. 

 

Sorak sorai ‘salam pergerakan’ terdengar dari para peserta yang ikut meramaikan seluruh rangkaian kegiatan disambut hangat Majelis Pembina Komisariat (Mabinkom) Imam Farid Muslim yang turut hadir dalam kegiatan tersebut. 

 

“Peran dan fungsi mahasiswa dalam hal ini PMII itu sendiri harus sesuai dengan porsi yang sudah ada dengan daya dorong terhadap pembangunan daerah yang mana ini menjadi PR bagi pemerintah yaitu kerja sama di bidang apa dan apa yang menjadi tolak ukur bantuan dari PMII itu sendiri,” ujarnya. 

 

Farid melihat tingkat keterlibatan mahasiswa dengan berbagai ekstra dalam pembangunan daerah kurang tertata dengan proporsional. “Mahasiswa PMII jangan takut berbuat hal wajar adanya kesalahan terjadi sebagai bahan pembelajaran evaluasi refleksi sebagai arah ke depan,” imbuhnya. 

 

Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Pangadaran Iwan Yudiawan mempunyai mengingatkan kadernya untuk senantiasa memperhatikan secara seksama pembangunan daerah dari mulai fisik, non fisik agar selalu senantiasa memberikan gagasan yang konstruktif terhadap keadaan realitas sosial yang ada di masyarakat.

 

“Mengulas kembali apa perkataan mabinkom yakni menjadi mahasiswa itu wajar adanya berbuat salah karena mahasiswa itu sedang dalam proses belajar menimba ilmu dan pengalaman. Humanis, agamis, islamis," katanya. 

 

“PMII Padjadjaran diharapkan menjadi matahari terbitnya pangandaran dengan membawa nilai-nilai Ahlussunnah wal Jamaah sesuai dengan tema kegiatan pelantikan ‘menyatukan dalam Aswaja, pergerakan dalam tradisi di bumi Padjadjaran kami mengabdi’ sesuai dengan tridarma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian,” pungkasnya.

 

PK PMII Padjadjaran definitif berdiri pada tanggal 31 maret 2022 dengan Ahyarul Fitriadin sebagai ketua pertama komisariat bersama 8 penggerak lainnya yakni Muhammad Fauzan Nabil, Ridwan ardiansyah, neng Ica Rizkiyah, Hesti Heryani, Nury Nurmalasari, Evi Nuraeni, déwi Nuraeni, dan Ana Nabila. 

 

Pewarta: Ahyarul Fitriyadin
Editor: Agung Gumelar

Pangandaran Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×