• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Jumat, 19 April 2024

Nasional

Stadion Gelora Delta Sidoarja Jadi Tempat Penyelenggara Puncak 1 Abad NU

Stadion Gelora Delta Sidoarja Jadi Tempat Penyelenggara Puncak 1 Abad NU
Stadion Gelora Delta Sidoarja Jadi Tempat Penyelenggara Puncak 1 Abad NU. (Foto: NU Online)
Stadion Gelora Delta Sidoarja Jadi Tempat Penyelenggara Puncak 1 Abad NU. (Foto: NU Online)

Bandung, NU Online Jabar

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) secara resmi telah mengumumkan tempat yang akan menjadi penyelenggaraan event terbesar NU abad ini yakni puncak peringatan 1 Abad NU.

 

Diumumkan PBNU, penyelenggaraan puncak event 1 Abad NU akan diselenggarakan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur pada 7 Februari 2023 mendatang.

 

Keputusan tersebut diinformasikan pada saat sosialisasi resepsi peringatan 1 Abad NU yang digelar di Asrama Haji Sukolilo, Selasa (15/11/2022) yang diikuti oleh para Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur beserta lembaga dan banom serta Pengurus Cabang NU se-Jawa Timur.

 

Dijelaskan Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf, event acara 1 Abad NU akan diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan. Beberapa di antaranya sudah berjalan sejak beberapa waktu lalu, termasuk acara Religion of Twenty (R20) yang usai pada awal November ini.

 

“Kegiatan yang sudah berjalan di antaranya adalah NU Women. Yaitu sebuah gerakan keluarga maslahat untuk mencegah kekerasan ibu dan anak, menanggapi perubahan iklim, serta pemberdayaan ekonomi dan politik perempuan,” kata Ketum PBNU yang kerap disapa Gus Yahya itu dikutip NU Online, Selasa (15/11/2022).

 

Lebih lanjut, Gus Yahya mengatakan bahwa saat ini PBNU sedang fokus untuk mempersiapkan pengembangan badan usaha miliki Nahdlatul Ulama, NU Tech, Festival Seni Tradisi Nusantara, Pekan Olahraga NU hingga Penganugerahan NU.

 

"Sehari sebelum resepsi puncak akan dilaksanakan muktamar internasional fiqih peradaban yang akan melibatkan 100 hingga 300 ulama se-dunia," kata putra almaghfurlah KH Cholil Bisri ini.

 

Disebutkan, sejumlah tokoh agama se-dunia akan mengikuti resepsi puncak 1 abad NU tersebut. Salah satu tujuannya agar para ulama dunia mengetahui bahwa NU sebagai fenomena gerakan sosial tersebar hingga akar rumput dan menjadi satu-satunya di dunia.

 

“Dengan demikian, diharapkan para ulama dunia tertarik untuk meniru gerakan seperti NU di  negaranya masing-masing," pungkasnya.

 

Editor: Agung Gumelar


Nasional Terbaru