Home Nasional Warta Adrahi Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Sekjend PBNU Tinjau Langsung Penerapan Command Center di Pemkab Sumedang

Sekjend PBNU Tinjau Langsung Penerapan Command Center di Pemkab Sumedang
Sekjend PBNU Tinjau Langsung Penerapan Command Center di Pemkab Sumedang. (Foto: Muhyidin)
Sekjend PBNU Tinjau Langsung Penerapan Command Center di Pemkab Sumedang. (Foto: Muhyidin)

Sumedang, NU Online Jabar
Sekretaris Jendral Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Saifullah Yusuf mengunjungi Command Center pemerintah Kabupaten Sumedang untuk melihat langsung penerapan e-office yang dikelola oleh pemerintah setempat pada Sabtu (16/4). Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari gagasan yang di bawa oleh Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf.


“Visi Ketum adalah mengelola NU seperti mengelola pemerintahan,” tutur Gus Ipul.


Sumedang, sambung kiai yang akrab disapa Gus Ipul tersebut, sudah menjalankan administrasi pemerintahan berbasis elektronik yang lebih efisien dan bisa dikerjakan secara mobile.


“Sumedang punya templatenya, tinggal kita tiru dan sesuaikan sesuai kebutuhan kesekretariatan PBNU menjadi Sistem Kesekretariatan berbasis elektronik,” sambungnya.


“Sekarang saya lihat perkembangannya luar biasa. Bupati kita ini punya rencana yang bagus dan juga pengalaman dalam mengimplementasikan program. Itulah kekuatan bupati kita ini. Jadi meskipun saya lebih senior tetapi saya mau belajar karena beliau banyak prestasi,” ujar Gus Ipul.


Selama dua jam lebih, dari jam 14.00 WIB - 16.00 WIB lewat, Gus Ipul yang dibersamai Wasekjend PBNU, Ajengan Syarif Munawi, Faisal Saimima, Ai Rahma, dan beberapa orang dari kesekretariatan, menerima penjelasan dan demonstrasi e-office seperti surat menyurat secara elektronik dari tim Command Center Pemkab Sumedang yang diwakili oleh Arif.


Dalam kesempatan yang sama, Bupati Sumedang, H Dony Ahmad Munir merasa terhormat jika aplikasi e-office digunakan oleh ormas Islam terbesar. Menurutnya, transformasi digital harus dilakukan untuk mewujudkan pelayanan yang lebih baik.


“Digitalisasi menjembatani pemerintah sebagai collaborator dan masyarakat sebagai co-creator,” tegas bupati Dony.


Sebagai tindak lanjut, Sekjend PBNU akan mengundang tim e-office Pemkab Sumedang ke PBNU untuk pembahasan yang lebih teknis bersama kesekratriatan PBNU.


Pewarta: Muhyidin
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Nasional Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×