Home Nasional Warta Adrahi Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Rapatkan Barisan, Banser Sumedang Akan Gelar Apel

Rapatkan Barisan, Banser Sumedang Akan Gelar Apel
Rapatkan Barisan, Banser Sumedang Akan Gelar Apel (Foto: NUJO)
Rapatkan Barisan, Banser Sumedang Akan Gelar Apel (Foto: NUJO)

Sumedang, NU Online Jabar

Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama Kabupaten Sumedang akan menggelar Apel Banser. Apel tersebut akan dilaksanakan pada hari Sabtu 15 Januari 2022 secara langsung di Lapangan Islamic Centre Kabupaten Sumedang.


Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sumedang Acep Komarudin Hidayat, ketika diwawancarai mengatakan bahwa Apel Banser ini merupakan program awal GP Ansor dan Banser Sumedang di tahun 2022.


Salah satu tujuan Apel Banser ini yaitu untuk merapatkan barisan anggota Banser setelah tahun kemarin banyak anggota baru yang masuk. 


"Tahun 2021 kemarin, Satkorcab Banser Sumedang telah merekrut banyak kader lewat kegiatan Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar). Awal tahun 2022 Ini kami membuat Kegiatan Apel Banser untuk merapatkan Barisan dan tetap satu komando," ungkapnya kepada NU Online Jabar.


Hampir lima ratus anggota Banser di tahun 2021 telah lulus Diklatsar, lanjut Acep. Mereka mengikuti diklatsar di waktu dan tempat yang berbeda-beda sesuai dengan zona nya masing-masing. Tahun lalu memang kami mengadakan diklatsar berdasarkan zona wilayah Kabupaten Sumedang. 


“Dari sekian banyak anggota Banser yang ada, hanya sekitar 300 anggota yang akan mengikuti apel kebangsaan nanti di hari sabtu, semoga kegiatannya berjalan lancar dan sesuai harapan,” tuturnya. 


Sementara Komandan Satkorcab Banser NU Kabupaten Sumedang Ahmad Sugiandi atau yang akrab di sapa  Komandan Andi, mengatakan bahwa lewat Apel ini kami akan mengingatkan kepada seluruh anggota Banser NU di Kabupaten Sumedang, bahwa Banser harus harus selalu terjun di masyarakat dan membantu masyarakat. 


"Sesuai namanya, Banser yang merupakan akronim dari Barisan Ansor Serba Guna harus bisa menjalankan berbagai fungsi sosial kemasyarakatan, seperti pengaturan lalu lintas, pengamanan sebuah acara, hingga tenaga relawan saat terjadi bencana," pungkasnya 

 

Pewarta: Ayi Abdul Kohar
Editor: Abdul Manap

Terkait

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik