• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 15 April 2024

Daerah

Ziarahi Makam Muassis, Cara PRNU Haurgombong Peringati Harlah NU ke-96

Ziarahi Makam Muassis, Cara PRNU Haurgombong Peringati Harlah NU ke-96
Nahdliyin Haurgombang ziarah ke makam para muassis NU. (Foto: NUJO/Cucu)
Nahdliyin Haurgombang ziarah ke makam para muassis NU. (Foto: NUJO/Cucu)

Sumedang, NU Online Jabar 
Ada cara tersendiri untuk menyambut harlah Nahdlatul Ulama (NU) yang ke-96 seperti yang dilakukan oleh Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PWNU) Desa Haurgombong yang berziarah ke makam para muassis NU Kabupaten Sumedang. 


Nahdliyin Haurgombang beramai-ramai menziarahi makam para muassis Nahdlatul Ulama yang berasal dari Sumedang seperti Kiai Aceng Syambas (Rais Syuriyah PCNU Sumedang 1989-1994) di Tanjungsari, dan Kiai Mama Syatibi (Rais Syuriyah PCNU Sumedang 1953-1985), Kiai Mama Falah (Ketua Tanfidziyah PCNU Sumedang 1953-1959), dan berlanjut ke makam leluhur Kabupaten Sumedang.


Terhitung sebanyak 193 Nahdliyin Haurgombang mengikuti tour ziarah ini. Mereka dikawal Satuan Koordinasi Rayon (Rayon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dari tiga kecamatan sekaligus. Dalam rombongan, hadir juga Rais Syuriyah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kiai Didin Rosidin, Rais Syuriyah PRNU Haurgombang ustadz Syamsul Bayan, dan Ketua PRNU Haurgombang ustadz Abdul Rayid.


"Alhamdulillah persiapan dari sebulan yang lalu tidak sia-sia, peserta dengan bahagia dan kompak mengikuti rangkaian acara dari awal sampai akhir, dan terima kasih pula kepada semua pihak yang terlibat menyukseskan acara semoga diberikan keberkahan oleh Allah Swt," ujar ustadz Agus, Ketua Pelaksana pada Ahad (23/1). 


Rais Syuriyah PRNU Haurgombang ustadz Syamsul Bayan berharap dari kegiatan ziarah ini mendapakan keberkahan dari para muassis.


“Semoga ghiroh serta harokah ke-NU-an para muassis yang kita ziarahi, semoga bisa menular kepada kami pengurus ranting Desa Haurngombong dan kepada masyarakat khususnya warga Nahdliyin yang ada di desa kami,  selain itu ziarah ini semoga bisa menjadi momentum mengikatnya warga masyarakat desa Haurngombong  dari NU yang Jama'ah ke NU yang Jam'iyyah untuk ke depannya,” pungkasnya.


Pewarta: Ripki Ripatul Falah
Editor: Agung Gumelar


Daerah Terbaru