• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Jumat, 19 April 2024

Nasional

INFO BEASISWA

Program Bantuan Penyelesaian Pendidikan BPP Kemenag 2023 Dibuka, Daftar di Sini

Program Bantuan Penyelesaian Pendidikan BPP Kemenag 2023 Dibuka, Daftar di Sini
Ilustrasi beasiswa kemenag ri
Ilustrasi beasiswa kemenag ri

Bandung, NU Online Jabar
Kementerian Agama kembali menggulirkan program afirmasi untuk mahasiswa Pascasarjana, S2, dan S3 pada perguruan tinggi dalam negeri. Program ini berupa Bantuan Penyelesaian Pendidikan (BPP), disiapkan untuk mendukung para mahasiswa yang tengah menempuh studi dengan biaya mandiri.


BPP merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Agama dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan. Program ini menjadi bagian dari Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Kemenag.


Melansir laman kemenag.go.id, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani, menjelaskan bahwa BPP bukan merupakan program beasiswa penuh, melainkan sebuah upaya pendampingan. Tujuannya adalah memberikan dukungan finansial kepada SDM Kementerian Agama yang sedang mengejar gelar S2 dan S3, dengan fokus pada penyelesaian studi yang cepat, tepat, dan berkualitas.


"Ini bukan program pembiayaan penuh (full scholarship). BPP dimaksudkan sebagai upaya pendampingan dan wujud dukungan Kementerian Agama bagi peningkatan profesional berkelanjutan,” terang M Ali Ramdhani di Jakarta, Rabu (11/10/2023).


Guru Besar UIN Bandung ini berharap bahwa BPP S2 dan S3 akan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan mutu alumni Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK), Guru, Dosen, Tenaga Kependidikan pada PTK, dan pegawai Kementerian Agama.


Direktur Perguruan Tinggi Agama Islam, Ahmad Zainul Hamdi, menambahkan bahwa BPP hanya akan diberikan kepada mereka yang belum pernah menerima beasiswa sejenis sebelumnya. Dan diberikan kepada mereka Dosen, Guru, Tenaga Kependidikan, Alumni PTK, dan Pegawai Kementerian Agama yang sedang menempuh studi S2 dan S3 dengan biaya mandiri. 


Program ini diharapkan tidak hanya memberikan bantuan finansial, tetapi juga akan berkontribusi signifikan dalam mengangkat kualitas pendidikan keagamaan dan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berkompeten.


Ketua Project Management Unit Beasiswa Indonesia Bangkit (PMU BIB) Kemenag, Ruchman Basori, mengumumkan bahwa pada tahun Anggaran 2023, sebanyak 150 orang akan menerima Bantuan Penyelesaian Pendidikan S2 Dalam Negeri, masing-masing dengan alokasi dana sebesar Rp. 20.000.000. Sementara itu, program BPP S3 akan memberikan dukungan kepada 200 orang, dengan masing-masing mendapatkan Rp. 25.000.000.


Persyaratan:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Keluarga Besar Kementerian Agama
  3. Berstatus sebagai mahasiswa aktif minimal di semester 3
  4. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.25 (skala 4.00)
  5. Perguruan Tinggi terakreditasi A/B
  6. Tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding dari APBN
  7. Telah lulus Seminar Proposal Tesis/Disertasi
  8. Mendapatkan rekomendasi dari pimpinan tempat tugas/instansi asal
  9. Mendapatkan rekomendasi dari Pembimbing Tesis 
  10. Bersedia menandatangani pakta integritas


Tata cara pendaftaran BPP 2023:

  1. Melakukan pendaftaran akun peserta secara daring melalui laman: https://beasiswa.kemenag.go.id
  2. Melengkapi profil peserta yang memuat data identitas diri, data keluarga, data pendidikan, data prestasi akademik dan/atau non-akademik, data kemampuan bahasa, dan data organisasi;
  3. Mendaftar pada beasiswa yang ingin diikuti dan melengkapi semua dokumen persyaratan sesuai dengan jenis beasiswa pada laman: https://beasiswa.kemenag.go.id
  4. Pendaftar dapat melihat tahapan seleksi beasiswa yang diikuti pada dasbor pendaftar.


Jadwal Pendaftaran:
Pengumuman Beasiswa 11 – 20 Oktober 2023;
Pendaftaran Beasiswa 11 – 20 Oktober 2023;
Seleksi Administrasi 23–25 Oktober 2023;
Pengumuman Hasil Seleksi 31 Oktober 2023.
 

Perawarta: Hasemi Fauziah
 


Nasional Terbaru