• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Kamis, 30 Mei 2024

Nasional

KOLOM KH ZAKKY MUBARAK

KH Zakky Mubarak Ungkap Keutamaan Bulan Ramadhan dalam Al-Qur'an

KH Zakky Mubarak Ungkap Keutamaan Bulan Ramadhan dalam Al-Qur'an
Mustasyar PBNU, KH Zakky Mubaral. (Foto: FB Zakky Mubarak Syamrakh).
Mustasyar PBNU, KH Zakky Mubaral. (Foto: FB Zakky Mubarak Syamrakh).

Jakarta, NU Online Jabar 
Salah seorang Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Zakky Mubarak menjelaskan bahwa ada beberapa keterangan dari ayat Al-Quran yang menjelaskan kepada kita tentang keutamaan bulan Ramadhan. Hal tersebut dijelaskan dalam sebuah video yang diunggah melalui akun facebook resmi miliknya, Zakky Mubarak Syamrakh Kamis (14/3/2024). 


"Disebutkan dalam bulan Ramadhan itu terdapat suatu malam yang sangat indah yang nilainya lebih baik dari seribu bulan yang di sebut malam Qadar, malam kemuliaan ini terjadi di bulan Ramadhan," jelasnya.


"Nah karena itu kita harus berusaha maksimal untuk bisa meraih kemuliaan tersebut," sambungnya.


Dalam video berdurasi 1 menit 50 detik tersebut kiai Zakky mengatakan bahwa jika kita memperoleh malam qadar maka melaksanakan ibadah amal shaleh 


"Karena seribu bulan itu diperkirakan 83 tahun, kalau orang memperoleh malam qadar tadi maka seolah-olah orang itu lakukan ibadah dan amal shaleh selama 83 tahun," tuturnya. 


Lebih lanjut, Kiai Zakky sapaan akrabnya menyebutkan sangat rugi kalau kita tidak mencari malam (qadar) yang indah itu. 


"Kita harus berusaha memperolehnya, dengan cara apa? Dengan cara terus menerus beribadah dari awal Ramadhan sampai akhir Ramadhan, maka kita harus beramal shaleh, bersedekah dan lain-lain," pungkas kiai yang merupakan salah seorang Dosen Senior di Universitas Indonesia tersebut.


Nasional Terbaru