Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

KH Zakky Mubarak Jelaskan Perilaku Manusia yang Paling Merugi

KH Zakky Mubarak Jelaskan Perilaku Manusia yang Paling Merugi
Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Zakky Mubarak
Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Zakky Mubarak

Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Zakky Mubarak, menjelaskan, dalam aktivitas sehari-hari kita sering menjumpai macam-macam perilaku manusia, mulai dari yang merasa paling baik, rendah diri, dan ada juga diantara mereka yang bersikap wajar.

Dari ketiga macam yang disebutkan, Kiai Zakky mengungkapkan bahwa manusia yang merugi itu ketika dirinya sudah merasa paling baik.

Ia mengutip Al-Quran surat Al-Kahfi ayat 103-104:

قُلْ هَلْ نُنَبِّئُكُمْ بِالْأَخْسَرِينَ أَعْمَالاً . الَّذِينَ ضَلَّ سَعْيُهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ يَحْسَبُونَ أَنَّهُمْ يُحْسِنُونَ صُنْعاً.

"Katakanlah, apakah aku sampaikan pada kalian dengan orang-orang yang paling buruk amal perbuatannya, yang paling merugi amal perbuatannya, bil akhsariinal a'maala, paling merugi. Jadi digambarkan disini, mengenai wujud dari manusia yang paling merugi. Siapa dia? Alladziina dlolla sa'yuhum, yaitu orang-orang yang sesat perilakunya, sesat amalnya setiap aktivitasnya, fil hayatiddunya, dalam kehidupan dunia, wahum yahsabuuna dan mereka mengira, annahum yuhsinuuna sun'an, mereka mengira bahwa dirinya itu melakukan perbuatan-perbuatan yang baik, melakukan aktivitas yang terpuji," jelasnya pada video berdurasi 3:14 yang di-upload melalui akun Facebook resminya beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, ketika seseorang melakukan hal yang tidak baik, akan tetapi dia merasa berbuat baik, hal itu merupakan sikap yang sesat.

"Itu yang berat, kalau orang sadar berbuat nggak baik, dia sadar dia nggak baik, itu masih mending. Ini perbuatan nggak baik, tapi dia mengira itu perbuatan baik. Nah, inilah yang harus kita hindari," tuturnya.

Selain itu, ia mengingatkan agar kita harus selalu semangat untuk terus mempelajari dan mengkaji agama agar kita bisa mengetahui secara jelas mana perilaku yang baik dan yang buruk, antara hak dan bathil, sehingga tidak tercampur aduk.

Kemudian, Kiai Zakky mengutip surat Al-Baqarah ayat 42:

وَلَا تَلْبِسُوا۟ ٱلْحَقَّ بِٱلْبَٰطِلِ وَتَكْتُمُوا۟ ٱلْحَقَّ وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ

"Janganlah kalian mencampuradukkan antara kebenaran dan kebathilan, dan kamu sembunyikan kebenaran padahal kamu mengetahui, Inilah hal-hal yang harus kita perhatikan," tegasnya.

Ia berharap, semoga kita terhindar dari kelompok dari orang-orang yang merugi.

"Dan kita menjadi orang-orang yang sukses lahir dan batin, duniawi dan ukhrawi," pungkasnya.

Pewarta: Muhammad Rizqy Fauzi
Editor: Abdullah Alawi

 

Terkait

Nasional Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×