Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Buya Said Tegaskan Perayaan Maulid Nabi SAW Jadi Benteng Budaya dan Akhlak

Buya Said Tegaskan Perayaan Maulid Nabi SAW Jadi Benteng Budaya dan Akhlak
Buya Said Tegaskan Perayaan Maulid Nabi SAW Jadi Benteng Budaya dan Akhlak
Buya Said Tegaskan Perayaan Maulid Nabi SAW Jadi Benteng Budaya dan Akhlak

Pekalongan, NU Online Jabar
Salah seorang Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj menghadiri acara Puncak rangakaian peringatan Maulid Akbar Nabi Muhammad SAW yang dipimpin langsung Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya Luthfi di Gedung Kanzus Sholawat, Kota Pekalongan, Ahad (30/10). Kegiatan tersebut juga disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Majelis Azzahir.


Dalam kesempatan tersebut, KH Said Aqil Siradj menjelaskan bahwa perayaan Maulid Nabi merupakan benteng budaya dan Akhlak. Benteng yang bisa menahan serangan-serangan budaya dari dunia maya.


“Jika saat ini bangsa Indonesia sedang mengalami serangan-serangan budaya, menggerogoti akhlak masyarakat. Serangan itu dilakukan melalui dunia maya, seperti medsos, YouTube, Google, hingga WhatsApp. Sehingga generasi muda tidak bangga terhadap budaya sendiri. Tidak bangga dengan leluhurnya,” katanya seperti yang dilansir dari Jatman.or.id


Kiai yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah Ciganjur itu mengatakan, kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW harus jadi energi spiritual dan kekuatan rohani. Menurutnya, energi itu untuk memperkuat semangat berbangsa dan bernegara.


“Selama masih ada peringatan Maulid Nabi, khususnya generasi muda, akhlak akan selalu terjaga tidak akan terpengaruh dengan efek negatif dari medsos, google, youtube, dan sebagainya,” jelasnya.


Sebagai informasi, Peringatan Maulid ini dilanjutkan dengan pembacaan tawasul dan doa yang dipimpin oleh Habib Luthfi bin Ali bin Yahya, dirangkai dengan pembacaan maulid Simthuddurror oleh Habib Ali Zainal Abidin Assegaf, bersama Habib Luthfi. Kegiatan ini juga menutup seluruh rangkaian Peringatan Maulid Akbar tahun 1444 H/2022 M di Kanzus Sholawat Kota Pekalongan bersama Habib Luthfi.


Sebelumnya, beberapa kegiatan penunjang telah digelar. Di antaranya, Nikah Maulid, Kirab Merah Putih, Apel Merah Putih dan Ikrar NKRI, Silaturahmi Nasional JATMAN, ulama, umaro bersama TNI Polri; Silaturahmi Mursyidin JATMAN, dan Pawai Pajang Jimat. 


Selain itu, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) Komjen Pol Boy Rafli Amar, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dan yang lainnya.


Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Nasional Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×