• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 27 Februari 2024

Nasional

Beasiswa LPDP 2023 Dibuka, Ini Tahapannya

Beasiswa LPDP 2023 Dibuka, Ini Tahapannya
Beasiswa LPDP 2023 Dibuka, Ini Tahapannya (Ilustrasi: AM)
Beasiswa LPDP 2023 Dibuka, Ini Tahapannya (Ilustrasi: AM)

Bandung, NU Online Jabar
Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2023 kembali membuka pendaftaran beasiswa pendidikan pascasarjana (magister dan doktor). Pendaftaran beasiswa LPDP terbagi menjadi dua tahap. Periode pendaftaran tahap I berlangsung selama sebulan, mulai 25 Januari hingga 25 Februari 2023. Sementara pendaftaran tahap II akan dibuka pada 9 Juni sampai 9 Juli 2023. 


Melansir NU Online, terdapat tiga program yang tersedia pada beasiswa LPDP 2023. Tiga program tersebut terdiri dari program Umum, program targeted (profesi tertentu), dan program Afirmasi. 


Calon peserta beasiswa LPDP dapat melakukan pendaftaran secara online pada situsweb resmi LPDP https://lpdp.kemenkeu.go.id/ Calon peserta harus melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran. Kemudian, pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.


"Pastikan dokumen-dokumen pendukung seperti Surat Rekomendasi, Surat Keterangan atau yang sejenis diterbitkan pada 2023 dan sesuai ketentuan LPDP," demikian bunyi pernyataan resmi LPDP dalam laman resminya, Rabu (25/1/2023).


Jadwal pendaftaran dan seleksi beasiswa LPDP 2023 

  1. Pendaftaran beasiswa tahap I: 25 Januari - 25 Februari 2023 
  2. Seleksi administrasi: 27 Februari 2023 
  3. Pengumuman hasil seleksi administrasi: 14 Maret 2023 Seleksi bakat skolastik: 27 Maret 2023 
  4. Pengumuman hasil seleksi bakat skolastik: 5 April 2023 Seleksi substansi: 10 April - 31 Mei 2023 
  5. Pengumuman hasil seleksi substansi: 8 Juni 2023 Alur seleksi beasiswa LPDP 2023


Alur seleksi beasiswa LPDP 2023

  1. Seleksi administrasi 
  2. Seleksi bakat skolastik  
  3. Seleksi substansi 
  4. Penetapan penerima beasiswa  
  5. Pengumuman lulus seleksi beasiswa LPDP 2023 


Untuk diketahui, tes seleksi bakat skolastik berlaku bagi pendaftar beasiswa LPDP yang lolos seleksi administrasi dan belum memiliki LoA Unconditional. Sementara bagi pendaftar beasiswa LPDP yang lolos seleksi berkas dan telah memiliki LoA Unconditional, bisa maju ke tahap seleksi substansi. 


Ketentuan LoA Unconditional

LoA Unconditional merupakan surat resmi dari perguruan tinggi (official admission) yang menyatakan bahwa seseorang telah diterima sebagai mahasiswa di perguruan tinggi tersebut dengan tanpa persyaratan. 


LoA Unconditional yang diunggah harus memenuhi kriteria sebagai berikut: 

  1. Perguruan Tinggi dan Program Studi harus sesuai dengan salah satu pilihan pada aplikasi pendaftaran 
  2. Intake studi harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan LPDP terkait waktu perkuliahan paling cepat yang diizinkan 
  3. Jika intake perkuliahan yang tercantum pada LoA Unconditional yang diunggah tidak sesuai ketentuan maka wajib melampirkan Surat Defer (Penundaan) dari Perguruan Tinggi yang menerbitkan LoA 
  4. Jika pendaftar mengunggah LoA Unconditional yang tidak sesuai ketentuan LPDP, maka dianggap tidak memenuhi kriteria pendaftaran.


Editor: Abdul Manap
 


Nasional Terbaru