• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Rabu, 21 Februari 2024

Nasional

HAJI 2023

450 Armada Bus Shalawat Tersedia di Makkah, Siap Antar-Jemput Jamaah Haji

450 Armada Bus Shalawat Tersedia di Makkah, Siap Antar-Jemput Jamaah Haji
450 Armada Bus Shalawat Tersedia di Makkah, Siap Antar-Jemput Jamaah Haji (Foto: kemenag.gi.od)
450 Armada Bus Shalawat Tersedia di Makkah, Siap Antar-Jemput Jamaah Haji (Foto: kemenag.gi.od)

Bandung, NU Online Jabar
Beragam fasilitas layanan jamaah haji disiapkan pemerintah, salah satunya layanan antar jemput jamaah haji selama proses beribadah dari Hotel ke Masjidil Haram dan sebaliknya.


Layanan transportasi tersebut menggunakan armada bus yang diberinama bus shalawat. Sebanyak 450 bus shalawat disediakan dan kurang lebih 230 orang petugas disiapkan pemerintah untuk memfasilitasi mobilitas serta aktivitas jamaah haji Indonesia selama beribadah di kota Makkah Al Mukarramah.


Pelayanan tersebut melayani jamaah yang tersebar di 11 sektor dari Mahbas Jin, Raudlah, Jarwal, Misfalah hingga yang terjauh kawasan Syisah.  


Kepala Daerah Kerja (Dakker) Makkah Khalilurrahman mengatakan bahwa semua armada transportasi shalawat sudah beroperasi bersamaan dengan kedatangan jamaah pada 1 Juni 2023


“Untuk menyambut kedatangan jamaah, semua petugas transportasi sudah mulai menempati pos nya masing-masing dan siap melayani jamaah 24 jam penuh,” ujar Khalil saat simulasi penggunaan bus Shalawat di Makkah, melansir NU Online, Ahad (4/6/23). 


Sementara Kasi Transportasi PPIH Arab Saudi Dakker Makkah Asep Subhana mengatakan pemerintah menyediakan dua jenis bus shalawat yang akan digunakan oleh para Jamaah. 


“Ada dua macam bus yang akan di gunakan Jamaah, yang pertama bus dengan air suspensi khusus lansia dan disabilitas, bus ini dilengkapi dengan kursi khusus disabilitas dan tangga khusus untuk kursi roda,” terangnya. 


“Selain bus khusus lansia, juga ada bus yang lebih tinggi namun dilengkapi dengan seat priority bagi lansia,” imbuhnya.


Asep juga berkata bahwa pemerintah menyediakan bus shalawat dengan dua warna yaitu warna hijau dan warna kuning namun dengan fasilitas yang sama. Pemerintah juga masih menyiapkan bus cadangan dengan jumlah 10% dari total jumlah armada yang ada untuk mengantisipasi kerusakan bus dan penumpukan penumpang. 


“Setiap bus dilengkapi dengan fasilitas yang sama yaitu, layar monitor, microphone, alat pemecah kaca dan pemadam api,” kata Asep.
 


Nasional Terbaru