Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Ribuan Jamaah Lantunkan Shalawat Nariyah di Pondok Pesantren Al-Basyir Bogor

Ribuan Jamaah Lantunkan Shalawat Nariyah di Pondok Pesantren Al-Basyir Bogor
Ribuan Jamaah Lantunkan Shalawat Nariyah di Pondok Pesantren Al-Basyir Bogor.
Ribuan Jamaah Lantunkan Shalawat Nariyah di Pondok Pesantren Al-Basyir Bogor.

Bogor, NU Online Jabar
Ahad (4/9) pagi tepatnya di kawasan Pondok Pesantren Tahfidz Al Basyir Cibungbulang, Bogor Barat terlihat berbeda dari biasanya. Sekitar 1800 jamaah yang datang dari wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan sekitarnya nampak memadati Majelis Al Basyir mengikuti Pengajian & Shalawat rutin. Kegiatan tersebut diselenggarakan secara rutin setiap hari Ahad di akhir bulan.


Pengajian dan shalawat kali ini terasa lebih istimewa. Sebab, sempat terhenti selama lebih dari dua tahun di masa pandemi Covid-19. Tak heran jika pengajian perdana ini dihadiri oleh ribuan jamaah yang memadati ruang dalam Majelis Al Basyir yang terdiri dari 2 lantai itu.


Acara diawali dengan lantunan shalawat oleh tim Hadrah santri pondok pesantren Al Basyir. kemudian dilanjut dengan pembacaan Tawasul yang dipimpin oleh Pengasuh Ponpes Tahfidz Al Basyir Gus Abdul Hamid Aly. Kegiatan puncak diisi dengan pembacaan Shalawat Nariyah yang diikuti oleh ribuan jamaah dari berbagai penjuru daerah jawa barat. Kemudian, sambutan dan nasihat diberikan oleh KH Abi Basyir.


Dalam kesempatan tersebut, Kiai Abi Basyir mengungkapkan keistimewaan shalawat dibanding dengan ibadah lainnya. Ia berharap bahwa pengajian shalawat ini bisa kembali istiqamah berlangsung di setiap bulan berikutnya pasca terhenti oleh wabah pandemi sejak 2020 lalu.


"Di samping momen silaturahmi antar jamaah, kegiatan Istighatsah dalam acara ini dikhususkan agar kita semua diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menjalani aktifitas kehidupan. Wabah pandemi yang telah dialami ditujukan agar kita semakin bersyukur akan nikmat sehat yang Allah berikan pada kita semua, sehingga kita masih diberikan umur panjang untuk selalu berjuang di jalan Allah SWT," ujarnya.


Ia juga menjelaskan, lantunan shalawat Nariyah yang berkumandang di lokasi Ponpes Al Basyir tersebut merupakan salah satu bentuk cinta kita kepada Rasulullah selaku junjungan dan panutan umat Islam. Menurutnya, kegiatan tersebut juga sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.


"Bershalawat juga salah satu jalan mendapatkan syafaat-Nya di akhirat nanti," tegasnya.


Selain itu, Kiai Abi Basyir juga menuturkan, membludaknya animo jamaah yang hadir menjadi bukti bahwa kegiatan ini sangat ditunggu oleh masyarakat. “Kedepan, kegiatan seperti ini diharapkan akan menjadi langkah awal bagi daerah Bogor Barat dan sekitarnya untuk kembali mengadakan Kajian umum di wilayah masing-masing.” tandasnya.


Sebelum penutup terdapat kegiatan Bahtsul Masail atau tanya jawab dan diskusi terkait dengan permasalahan waqi’iyah (kekinian) untuk menambah pemahamanan keagamaan dan khazanah keilmuan masyarakat sekitar yang di asuh oleh Almukarrom KH Jejen dari Sipak, Jasinga, Bogor. 


Sebagai informasi, Pondok Pesantren Tahfidz Al Basyir merupakan salah satu pesantren yang terletak di daerah wisata Kabupaten Bogor, tepatnya di Desa Cibatok Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor. Pondok Pesantren yang menggungulkan Program Tahfidz Quran ini telah berdiri selama 15 tahun. Pendidikan di Al Basyir sendiri terdiri dari berbagai tingkat Mulai dari SD, SMP, dan SMA.


Selain tempat menuntut ilmu, Al Basyir juga memfasilitasi masyarakat dengan hadirnya Kelompok Bimbingan Haji dan Umroh yang sudah cukup Masyhur di daerah Bogor dan sekitarnya.


Pewarta: Muhammad Anshori
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

terpopuler

rekomendasi

topik

×