• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Kota Bogor

PCNU Kota Bogor Gelar Pelatihan Kesekretariatan Sekaligus Desain Grafis

PCNU Kota Bogor Gelar Pelatihan Kesekretariatan Sekaligus Desain Grafis
PCNU Kota Bogor Gelar Pelatihan Kesekretariatan Sekaligus Desain Grafis
PCNU Kota Bogor Gelar Pelatihan Kesekretariatan Sekaligus Desain Grafis

Kota Bogor, NU Online Jabar
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bogor mengadakan Pelatihan Kesekretariatan dan Desain Grafis untuk Pengurus Cabang (PC), Majelis Wakil Cabang (MWC) hingga tingkat Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU). Kegiatan pelatihan bertujuan untuk menyamakan skill dasar tata administrasi sesuai dengan peraturan resmi dan terbaru dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bertempat di Sekretariat PCNU Kota Bogor pada Rabu (15/03/23). 


H Edi Nurokhman selaku Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Bogor membuka sekaligus menjadi pemateri pertama tentang surat-menyurat sesuai dengan peraturan organisasi dan sekarang jadi Peraturan perkumpulan (perkum). 


"Pelatihan ini penting sekali, Terkait bagaimana membuat surat-menyurat, 
tata administrasi sesuai dengan standar perkum Nahdlatul Ulama," ujarnya. 


H Edi juga menginginkan semua yang bertugas mengurusi administrasi harus bertekad menjadikan PCNU kota Bogor sebagai acuan, agar semua berada pada standar yang jelas. Ia menyebut, pengurus yang ada ditingkatan MWCNU nntinya dapat menjadi pengurus di PCNU dan PCNU Kota Bogor termasuk katagori (A) sehingga syarat hanya PM - MKNU, sudah bisa mencalonkan jadi Ketua PCNU. 


"Jangan setelah dapat SK malah tidak ada aksinya (malah tidur nyenyak) tidak ada kontribusi yang nyata, dan jangan malah menjadi pengurus yang diurusi oleh pengurus NU, di abad ke-2 ini harus lebih memberikan manfaat yang lebih dan lebih lagi," paparnya dihadapan peserta pelatihan. 


H Edi juga menambahkan jika ada pengurus yang 6 bulan tidak aktif maka akan diganti. Selain itu, jika merusak nama baik NU, yakni dengan membawa bawa NU untuk kepentingan pribadi maka akan digantikan dengan yang lebih amanah dan bertanggungjawab. 


"Belajar dari semangat pantang menyerah, ada seorang yang bernama Eric Yuan yang membuat aplikasi Zoom. Dan hingga kini digunakan orang sedunia. Saya berharap kepada Nahdliyin Kota Bogor, terlebih yang mengemban amanah di struktur hendaknya memiliki softskill agar sukses di masa depan, dapat beradaptasi dengan cepat dan terus belajar untuk kearah yang lebih baik," harapnya. 


Sementara itu, hadir pemateri kedua terkait Desain Grafis oleh Syafik Ashar. Dalam kesempatan tersebut, ia menyatakan bahwa saat ini sudah menjadi kebutuhan untuk pengurus NU dengan kemampuan minimal dapat membuat player, ucapan, undangan acara, dan yang lainnya yang sederhana, atau sebagai pemula dengan menggunakan aplikasi Canva. 


"Kita belajar bersama, dengan aplikasi Canva semua akan cepat bisa mendesain yang semuanya sudah tersedia, tinggal kitanya mau berusaha dan membiasakannya," ucapnya yang juga selaku Wakil Sekretaris PCNU Kota Bogor. 


Sebagai informasi, pelatihan kesekretariatan dan desain grafis ini langsung membuat projek dan bagi yang hasilnya menarik sesuai dengan ketentuan tema Tarhib Ramadhan mendapatkan Doorprize dari Ketua PCNU Kota Bogor H. Edi Nurokhman. 


Pelatihan ini dihadiri oleh LD PCNU, LTN PCNU, KMNU IPB, MWCNU se-Kota Bogor, PRNU se-Kota Bogor. Dan diakhiri doa oleh Ustadz Lukmanul Hakim. 


Pewarta : Abdul Mun'im Hasan
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi


Kota Bogor Terbaru