• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Minggu, 23 Juni 2024

Kabupaten Tasikmalaya

PCNU Kabupaten Tasikmalaya Gelar Halal Bihalal, Perkuat Ukhuwah Islamiyyah Bersama Pengurus dan Pemerintah

PCNU Kabupaten Tasikmalaya Gelar Halal Bihalal, Perkuat Ukhuwah Islamiyyah Bersama Pengurus dan Pemerintah
Halal bihalal PCNU Kabupaten Tasikmalaya
Halal bihalal PCNU Kabupaten Tasikmalaya

Tasikmalaya, NU Online Jabar
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tasikmalaya menggelar acara halal bihalal atau silaturahmi di Aula PCNU Kabupaten Tasikmalaya pada Ahad (12/05/2024) kemarin.


Acara tersebut dihadiri oleh Ketua PWNU Jawa Barat, Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Tasikmalaya, Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Tasikmalaya beserta pengurus, Bupati Tasikmalaya atau yang mewakili, Kapimda, Kapolres, Kodim, Kejaksaan atau yang mewakilinya, Ketua ormas Islam Kabupaten Tasikmalaya, Ketua Banom, Ketua lembaga PCNU Kabupaten Tasikmalaya, Ketua MWCNU se-Kabupaten Tasikmalaya, Muslimat, Fatayat, tamu undangan, dan lainnya.


Ketua PCNU Kabupaten Tasikmalaya, H. Atam Rustam, dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada semua pihak yang telah menjalankan puasa Ramadhan dengan penuh hikmah dan barokah. 


"Pada kesempatan yang berbahagia ini, sesuai dengan judul halal bihalal, kami atas nama PCNU Kabupaten Tasikmalaya berharap setelah kita melaksanakan puasa Ramadhan, semoga ukhuwah islamiyyah semakin erat, saling menghargai, dan lebih ditumbuhsuburkan," ucapnya.


Kiai Atam, sapaan akrabnya, juga menjelaskan bahwa silaturrahim ini biasanya rutin dilakukan setiap tiga bulan bersama ormas Islam yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Dalam pertemuan tersebut, beberapa kesepakatan penting berhasil dicapai:


Pertama, antisipasi Pilkada khususnya di Kabupaten Tasikmalaya dengan tekad bahwa ormas akan menjaga kedamaian dan kenyamanan, walaupun ada perbedaan pilihan, ukhuwah islamiyyah harus tetap dijaga, dan tidak boleh ada saling caci maki.


Kedua, kesepakatan pasca Pilpres, bahwa siapapun presiden yang dilantik, khususnya ormas empat yang ada, siap menerima dan Sam’an wa thaatan terhadap pilihan masyarakat. Ketiga, evaluasi mengenai maraknya perselisihan dan perbedaan pendapat di kalangan umat Islam. Terakhir, kesepakatan untuk terus menumbuhsuburkan ukhuwah islamiyyah.


“Alhamdulillah di Tasikmalaya, ormas-ormas ini telah ber-MoU untuk membantu pemerintah di Kabupaten Tasikmalaya sekuat tenaga dalam rangka ikut mensejahterakan masyarakat. Jadi, Alhamdulillah kami ini tetap membantu, apalagi kalau bupatinya menambah bantuannya kepada ormas, akan lebih kuat,” tuturnya.


Dalam kesempatan tersebut, Atam juga menuturkan agar tetap menghimbau dan mengutamakan persamaan untuk bersama-sama memajukan Kabupaten Tasikmalaya. 


“Ada dari partai-partai kami juga menghimbau tetap bersaing tapi utamakan persamaannya, tidak ditumbuhsuburkan perbedaannya karena tujuannya sama, ingin memajukan Kabupaten Tasikmalaya dalam berbagai hal. Oleh karena itu, sekali lagi kami sampaikan mohon dengan sangat kita tetap menjaga kedamaian,” pungkasnya.


Pewarta: Hasemi Fauziah


Kabupaten Tasikmalaya Terbaru