• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Sabtu, 20 April 2024

Kabupaten Cirebon

Lomba Pidato Komitmen LDNU Kabupaten Cirebon Cetak Dai-Daiyah Andal

Lomba Pidato Komitmen LDNU Kabupaten Cirebon Cetak Dai-Daiyah Andal
Potret gelaran lomba pidato dalam rangka HSN 2023 tingkat Kabupaten Cirebon (Foto: NU Online Jabar)
Potret gelaran lomba pidato dalam rangka HSN 2023 tingkat Kabupaten Cirebon (Foto: NU Online Jabar)

Cirebon, NU Online Jabar 
Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kabupaten Cirebon menyelenggarakan Lomba Pidato sebagai wujud komitmennya dalam mencetak dai andal. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023, berlangsung pada Sabtu-Ahad, 28-29 Oktober, di lapangan Jogging Track GOR Watubelah, Sumber, Kabupaten Cirebon.


Ketua LDNU Kabupaten Cirebon, Saeful Mustajab, menyatakan bahwa tujuan lomba pidato ini adalah untuk mengorbitkan dai-dai muda yang hebat dan mampu membimbing masyarakat. 


Perlombaan ini melibatkan beberapa kategori bahasa, seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Cirebon, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab.


"Pasca lomba ini, akan ada pembinaan dari LDNU agar mereka dapat terus berkembang dan menjadi lebih unggul," ungkap Saeful Mustajab kepada NU Online Jabar.


Ia berharap peserta dapat melanjutkan dan memperdalam pengetahuannya, sehingga dakwah yang mereka sampaikan dapat lebih luas. "Santri harus bisa melanjutkan perjuangan ulama NU dan tidak berhenti berdakwah hingga akhir hayat," tambahnya.


Salah satu peserta, Sultan, mengungkapkan kesan luar biasanya mengikuti lomba pidato ini sebagai pengalaman pertamanya. Santri dari Pondok Pesantren Assanusi, Cirebon, menyatakan bahwa melalui kegiatan ini, dia dapat menjadi lebih baik dalam menyampaikan pesan agama.


Lufita Amalia, peserta lain yang berasal dari Cikarang Utara, Bekasi, menarik perhatian dengan penggunaan Bahasa Cirebon dalam pidatonya. Menurutnya, bahasa tersebut lebih sesuai dengan karakternya yang cenderung bicara cepat. Ia menekankan bahwa lomba ini bukan hanya tentang juara, tetapi juga merupakan peluang untuk belajar dan mengasah kepercayaan diri.


Lufita berharap keberhasilannya dalam lomba ini dapat membawanya menuju masa depan yang lebih sukses, serta menjadi pengalaman berharga untuk mengikuti event serupa. Ia juga mengajak para santri untuk meneruskan perjuangan ulama terdahulu dengan semangat berdakwah yang lebih giat.


Lomba Pidato ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Santri 2023 yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon.


Pewarta: Sofhal Adnan
 


Kabupaten Cirebon Terbaru