• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Minggu, 23 Juni 2024

Kabupaten Bogor

NU di Bogor, Tak Luput dari peran Mama Falak Pegentongan

NU di Bogor, Tak Luput dari peran Mama Falak Pegentongan
NU di Bogor, Tak Luput dari peran Mama Falak Pegentongan (Foto: NUJO/Hakim)
NU di Bogor, Tak Luput dari peran Mama Falak Pegentongan (Foto: NUJO/Hakim)

Bogor, NU Online Jabar 
Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor beserta Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) menggelar Lailatul Ijtima’ bertempat Sekretariat PRNU Mekarjaya, Kampung Sawah Kaum RT 03 RW 02 Mekarjaya, Sabtu (11/06).

 

Acara diawali dengan dzikir tahlil dan istighatsah dipimpin oleh KH Maryudi sekaligus menjelaskan tentang sejarah berdirinya NU dan peran mama Falaq Pagentongan di tanah Bogor.

 

"Dalam catatan sejarah, NU di Kabupaten Bogor tidak luput dari peran utama mama Falaq Pagentongan," ujar KH Maryudi.

 

"Mama Falaq Pagentongan merupakan ulama kharismatik yang diakui oleh Nusantara bahkan dunia, yang jelas kita kebagian berkahnya karena berada di kabupaten Bogor," jelas Rois Syuriyah Kecamatan Ciomas ini.

 

Sementara Ketua MWCNU Ciomas, KH Saeful Millah menjelaskan bahwa lailatul ijtima merupakan forum silaturrahim warga NU dengan pengurus di seluruh tingkatan. "Sejak NU berdiri tahun 1926, nomenklatur itu sudah kerap kali digunakan," katanya saat memberikan sambutan.

 

Lanjut KH Saeful, NU memiliki banyak lembaga dan banom yang masing-masing mempunyai banyak program-program untuk kemaslahatan umat.

 

"Organisasi NU sangat besar, di dalamnya ada bidang-bidang yang mengurusi semua bentuk kehidupan, mulai dari perekonomian, sosial bahkan masjid pun ada lembaga yang mengurusi khusus," jelasnya.

 

Di samping itu hadir Sekretaris Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Kabupaten Bogor, H Abdul Aziz didampingi ketua tim IT, ustadz Bagja menjelaskan tentang program lembaga tamir masjid yang salah satunya adalah pendataan masjid NU se-Kabupaten Bogor.

 

"LTMNU Kabupaten Bogor pekan ini baru melauching program pendataan masjid NU se-Kabupaten Bogor, dan sudah mendapat dukungan resmi dari mulai tingkat Syuriyah dan Tanfidziyah," ujar H Abdul Aziz.

 

"Program ini sangat penting, karena sebagai mapping masjid-masjid yang berafiliasi dengan NU," tambahnya.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Tanfidziyah Ranting NU Desa Mekarjaya, KH  Badru Munir; Ketua MUI Desa Mekarjaya, KH Ismet; Ketua lembaga dan anggota banom NU se-Kecamatan Ciomas.

 

Pewarta: Abdul Hakim Hasan
Editor: Agung Gumelar


Kabupaten Bogor Terbaru