• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 16 April 2024

Indramayu

IPNU-IPPNU SMP NU Darul Ma’arif Kaplongan Indramayu Gelar Makesta

IPNU-IPPNU SMP NU Darul Ma’arif Kaplongan Indramayu Gelar Makesta
IPNU-IPPNU SMP NU Darul Ma’arif Kaplongan Indramayu Gelar Makesta. (Foto: NU Online Jabar/Sulkan)
IPNU-IPPNU SMP NU Darul Ma’arif Kaplongan Indramayu Gelar Makesta. (Foto: NU Online Jabar/Sulkan)

Indramayu, NU Online Jabar
Pimpinan Komisariat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) SMP NU Darul Ma’arif Kaplongan Indramayu menggelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) pada Selasa-Rabu (23-24 Januari 2024). 


Kegiatan yang berlangsung di Ruang Multimedia SMP NU Darul Ma’arif tersebut diikuti 46 peserta santri putra dan putri Pondok Pesantren Darul Ma’arif Kaplongan Indramayu yang sekaligus murid SMP NU Darul Ma’arif.


Makesta merupakan jenjang kaderisasi formal pertama dalam organisasi IPNU dan IPPNU. Sebagai badan otonom organisasi NU, Makesta diharapkan mencetak kader yang militan dan mampu menghidupkan NU di tengah masyarakat.


Dalam Makesta kali ini para peserta dibekali materi keindonesiaan. Ke-NU-an, keorganisasian, teknik persidangan, kepemimpinan, keadministrasian, dan mengenal lebih jauh organisasi IPNU-IPPNU itu sendiri.


“Makesta kali ini mengangkat tema Meningkatkan Nilai-nilai Aswaja dan Menciptakan Pelajar yang Berjiwa Pemimpin serta Berakhlakul Karimah yang memiliki tujuan utama mengenalkan IPNU-IPPNU kepada peserta, memberi pemahaman pentingnya organisasi, menanamkan ideologi Aswaja an-Nahdliyah, serta memberikan stimulus peserta untuk selalu belajar, berjuang, dan bertaqwa,” ungkap Pelaksana Makesta, Dinda Soraya.


Dinda mengatakan Makesta sangat dibutuhkan oleh para pelajar NU yang ingin memasuki gerbang utama organisasi IPNU-IPPNU. "Jika ingin Melihat NU 10-20 Tahun ke depan, maka lihatlah terlebih dahulu kader IPNU-IPPNU yang saat ini," katanya.


Wakil Ketua II Bidang Kaderisasi IPNU Kabupaten Indramayu, Zenith mengapresiasi kegiatan Makesta yang diselenggarakan IPNU-IPPNU SMP NU Darul Ma’arif Kaplongan. 


“Kegiatan positif seperti ini harus selalu didukung, karena terdapat nilai-nilai penanaman kekuatan akidah yang selaras dengan program SMP NU Darul Ma’arif ala Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah,” ujarnya.


Selain itu, ia juga dengan melihat kapasitas dan kapabilitas pengurus yang ada berharap ke depan bahwa IPNU-IPPNU SMP NU Darul Ma’arif Kaplongan Indramayu bisa menjadi role model bagi IPNU IPPNU yang khususnya berada di Indramayu maupun tingkat wilayah Nasional.


Kontributor: Sulkan


Indramayu Terbaru