• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 15 April 2024

Doa

Doa Setelah Baca Surat Al-Mulk dan Keutamaannya

Doa Setelah Baca Surat Al-Mulk dan Keutamaannya
Ilustrasi, (Foto: pinterest/muneebazafar)
Ilustrasi, (Foto: pinterest/muneebazafar)

Surat Al-Mulk adalah surat yang ke 67 dalam Al-Qur’an. Surat ini terdiri dari 30 ayat dan termasuk ke dalam golongan surat-surat Makkiyah. Setelah membaca surat Al-Mulk seseorang dianjurkan untuk berdoa untuk menyempurnakan pahalanya dan mendapatkan fadilah atau keutamaanya.

 

Lantas bagaimana bunyi bacaan doa setelah membaca surat Al-Mulk? Berikut adalah bacaan doa setelah baca surat Al-Mulk lengkap dengan tulisan Arab, Latin dan terjemahnya.

اَلَّلهُمَّ اعْصِمْنَا بِا لْإِسْلاَمِ قَاعِدًًَا وَرَاقِدًا وَلاَتُشْمِتْ فِيْنَا عَدُوًّا وَّلاَحَاسِدًا، اَلّٰلهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّگُلِّ دَآبَّةٍ أَنْتَ اٰخِذٌ بِنَا صِيَتِهـَا، وَنَسْئَلُكَ الْخَيْرَ الَّذِيْ بِيَدِكَ

 

Allâhumma-'shimnâ bil islâmi qâ-idan wa râqidan walâ tusymit finâ 'aduwwan walâ hâsidan. Allâhumma innâ na'ûdzu bika min syarri kulli dâbbatin anta âkhidzun binâshiyatihâ wa nas-alukal khairal ladzî biyadika

 

“Ya Allah, jagalah aku untuk tetap dalam ajaran Islam, baik ketika duduk maupun berbaring. Janganlah Engkau gembirakan hati musuh dan orang yang hasud kepada kami. Ya Allah, sungguh aku memohon perlindungan kepada-Mu dari kejahatan setiap makhluk. Engkaulah Dzat yang mengendalikan mereka. Aku memohon kepada-Mu kebaikan-kebaikan dalam genggaman-Mu.”

Doa ini bisa dirujuk dalam kitab "al-Minabus Saniyyah 'alâ al-Washiyyah al-Matbuliyah" karya Syekh Abdul Wahab Sya'rani. Diriwayatkan bahwa salah satu faedah dari doa ini adalah terjaganya seseorang dari hal-hal yang membuatnya susah, baik dari jin, manusia, maupun binatang.


Setelah mengetahui bacaan doa surat Al-Mulk, inilah beberapa keutamaan atau fadilah membaca surat Al-Mulk, di antarnya:

 

1. Memberi syafaat bagi pembacanya

 

Salah satu fadilah surat Al-Mulk yakni mendatangkan ampunan bagi pembacanya. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda:

 

إِنَّ سُوْرَةً فِي الْقُرْآنِ ثَلَاثُوْنَ آيَةً شَفَّعْت لِصَاحِبِهَا حَتَّى غُفِرَلَهُ: تَبَارَكَ الَّذِيْ بِيَدِهِ الْمُلْكُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

 

Artinya: Sesungguhnya sebuah surat dalam Al-Qur'an yang terdiri dari 30 ayat, dapat memberi syafaat bagi pembacanya hingga dosanya diampuni. Yaitu, surat Tabarakal lafzi bi yadihil mulku (Al-Mulk). (HR. Tirmidzi: V/164).

 

2. Pembelaan sampai masuk surga

 

Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwasanya barang siapa yang membaca surat Al-Mulk, maka ia akan mendapatkan pembelaan sampai masuk ke surga. Anas bin Malik berkata, Rasulullah bersabda.

 

سُوْرَةٌ مِنَ الْقُرْآنِ مَاهِيَ إِلَّا ثَلَاثُوْنَ آيَةً خَاصَمَتْ عَنْ صَاحِبِهَا حَتَّى أَدْخَلَتْهُ الْجَنَّةَ، وَهِيَ سُوَرَةُ تَبَارَكَ

 

Artinya: Ada sebuah surat dalam Al-Qur'an yang hanya terdiri dari 30 ayat, dapat membela pembacanya hingga memasukkannya ke surga, yaitu surat Tabarak. (HR. Ath-Thabrani: I/176).

 

3. Membaca surat Al-Mulk sebelum tidur menyelamatkan dari siksa kubur

 

أخبرنا عبيد الله بن عبد الكريم وقال حدثنا محمد بن عبيد الله أبو ثابت المدني قال حدثنا بن أبي حازم عن سهيل بن أبي صالح عن عرفجة بن عبد الواحد عن عاصم بن أبي النجود عن زر عن عبد الله بن مسعود قال : من قرأ { تبارك الذي بيده الملك } كل ليلة منعه الله بها من عذاب القبر وكنا في عهد رسول الله صلى الله عليه و سلم نسميها المانعة وإنها في كتاب الله سورة من قرأ بها في كل ليلة فقد أكثر وأطاب

 

Artinya: Telah menceritakan pada kami 'Ubaidullah bin 'Abdil Karim, ia berkata, telah menceritakan pada kami Muhammad bin 'Ubaidillah Abu Tsabit Al Madini, ia berkata, telah menceritakan pada kami Ibnu Abi Hazim, dari Suhail bin Abi Sholih, dari 'Arfajah bin 'Abdul Wahid, dari 'Ashim bin Abin Nujud, dari Zarr, dari 'Abdullah bin Mas'ud, ia berkata, "Barangsiapa membaca "Tabarokalladzi bi yadihil mulk" (surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami di masa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menamakan surat tersebut 'al Mani'ah' (penghalang dari siksa kubur). Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullah. Barang siapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.

 

Sudahkah kita membaca surat Al-Mulk hari ini? Jika belum, yuk mulai membacanya agar bisa mengamalkan doa dan mendapatkan pahalanya serta mendapatkan keutamaan. Wallahu a’lam.

 

*tulisan ini dibuat dari berbagai sumber di NU Online


Doa Terbaru