Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Doa Nabi Ibrahim untuk Anak-anaknya yang Tertera dalam Al-Qur'an

Doa Nabi Ibrahim untuk Anak-anaknya yang Tertera dalam Al-Qur'an
ilustrasi: NU Online
ilustrasi: NU Online

Orang tua mana pun berharap anak-anaknya saleh dan salehah. Untuk mendapatkannya, para orang tua melakukan berbagai upaya baik secara fisik maupun spiritual. Bahkan, sebagian orang berupaya mendidik anak-anaknya ketika masih di dalam kandungan melalui berbagai macam doa. 

Wakil Ketua PWNU Jawa Barat KH Abubakar Sidik mengaku bahwa dirinya mendapatkan doa untuk anak dari ayahandanya, KH Sanusi. Doa itu tercantum dalam Al-Qur'an surat Ibrahim ayat 37:

رَبَّنَا إِنِّي أَسْكَنْتُ مِنْ ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيْرِ ذِي زَرْعٍ عِنْدَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُوا الصَّلَاةَ فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ مِنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ

Artinya: Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.

Doa tersebut, menurut KH Abubakar Sidik bisa dibacakan kapan dan dimana saja ketika ingat kepada anak-anaknya. 

Doa tersebut, adalah harapan agar di manapun anak tinggal, tetap beribadah kepada Allah, diberi rezeki dan disukai manusia lainnya.

"Doa itu saya bacakan buat anak dan cucu saya. Juga kepada santri yang baru mondok," ungkap salah seorang kiai di Pondok Pesantren Al-Masthuriyah Kabupaten Sukabumi ini.

Penulis: Abdullah Alawi 

 

 

 

Terkait

Doa Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×