• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Doa

Biar Tidak Gampang Mager, Yuk Amalkan Doa Terhindar dari Rasa Malas Berikut Ini

Biar Tidak Gampang Mager, Yuk Amalkan Doa Terhindar dari Rasa Malas Berikut Ini
Ilustrasi orang mager.
Ilustrasi orang mager.

Rasa malas alias mager terkadang muncul secara tiba-tiba. Entah apa penyebabnya, tapi yang pasti rasa malas dapat menghambat kegiatan aktivitas sehari-hari. Bisa jadi, rasa malas juga bisa membuat kita enggan mengerjakan pekerjaan meskipun sedang dikejar deadline


Naudzubillah, jika rasa malas tersebut sampai membuat kita malas untuk beribadah. Padahal, Rasulullah Saw telah memberikan suri tauladan bagi kita sebagai umatnya untuk tidak bermalas-malasan, karena Nabi merupakan sosok yang memiliki etos kerja yang tinggi.


Melansir NU Online, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari dari Anas bin Malik ra, Rasulullah Saw pernah berdoa memohon perlindungan agar terhindar dari rasa malas. Berikut doanya:


Doa agar terhindar dari rasa malas


اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْل

 
Allâhumma innî a‘ûdzubika minal kasali wa a‘ûdzubika minal jubni wa a‘ûdzubika minal harami wa a’ûdzubika minal bukhli 


“Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung kepada-Mu dari pikun, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat pelit.”


Dua keadaan yang menyebabkan orang malas


Selain memohon perlindungan kepada Allah Swt, Rasulullah Saw juga mengingatkan kepada umatnya tentang anugerah yang dapat menyebabkan seseorang menjadi malas, dua anugerah itu yakni keadaan sehat dan waktu luang.


Dalam keadaan sehat, terkadang kita lalai atau bahkan lupa bersyukur bahwa nikmat sehat yang kita terima merupakan anugerah dari Allah Swt, sehingga sudah sepatutnya kita untuk bersyukur salah satunya dengan cara memperbanyak banyak ibadah.


Dalam keadaan waktu luang, terkadang kita juga lupa untuk memanfaatkan waktu luang tersebut diisi dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat. Bahkan akan lebih baik lagi jika waktu luang tersebut kita gunakan untuk beribadah.


Semoga dengan senantiasa berdoa kepad Allah Swt, kita dijauhkan dari segala bentuk kemalasan dan kelalaian. Wallahu a’lam


Doa Terbaru