Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Mau Pergi Liburan? Baca Doa Ini Agar Selamat Sampai Tujuan 

Mau Pergi Liburan? Baca Doa Ini Agar Selamat Sampai Tujuan 
Mau Pergi Liburan? Baca Doa Ini Agar Selamat Sampai Tujuan? (Ilustrasi/freepik)
Mau Pergi Liburan? Baca Doa Ini Agar Selamat Sampai Tujuan? (Ilustrasi/freepik)

Bandung, NU Online Jabar
Pergi berlibur atau liburan mungkin menjadi opsi bagi sebagian orang untuk melepas penat setelah sekian hari melakukan aktivitas kerja. Dalam Islam, kita dianjurkan untuk selalu melafalkan doa ketika hendak melakukan sesuatu, termasuk saat hendak melakukan perjalanan dalam hal ini untuk berlibur. 


Melantunkan doa sebelum melakukan aktivitas bertujuan untuk memohon keselamatan dan kelancaran agar diberikan kemudahan saat melakukan aktivitas nanti. 

 

Dalam melakukan aktivitas berlibur atau liburan, kita memohon agar diberi keselamatan baik saat dalam perjalanan ke tempat liburan atau pulang setelah berlibur. Begitu juga saat sedang berada di lokasi tempat kita berlibur.

 

Berikut ini doa yang bisa kamu baca saat hendak pergi berlibur. 

1.    Doa Keluar dan Masuk Rumah


Doa keluar rumah

 

‎بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه 

 

Bismillâhi tawakkaltu ‘alallâhi wa lâ haula wa lâ quwwata illâ billâhil ‘aliyyil ‘adhîm 

 

Artinya, “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah.”


Doa masuk rumah 

 

‎اللّٰهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ المَوْلِجِ وَ خَيْرَ المَخْرَجِ, بِاسْمِ اللّٰهِ وَ لَجْنَا، بِاسْمِ اللّٰهِ خَرَجْنَا، وَ عَلَى اللّٰهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

 

Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar, dengan menyebut nama-Mu kami masuk, dengan menyebut nama-Mu kami keluar, dan hanya kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakkal.”


2.    Doa Naik Kendaraan 

 

‎الحَمْدُ للهِ/سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ 

 

Alhamdulillāhilladzī/subhānalladzī sakhkhara lanā hādzā wa mā kunnā lahū muqrinīna, wa innā ilā rabbinā lamunqalibūna.


Artinya, “Segala puji bagi Allah/maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami. Padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

 

Kita juga dianjurkan untuk memperbanyak doa berikut. 

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ 

 

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

 

Artinya, “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”


3.    Doa saat sedang dalam perjalanan yakni membaca surat Al-Ikhlas


(‎قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ (١) اللَّهُ الصَّمَدُ (٢) لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ (٣) وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ (٤  


Qul huwallâhu ahad. Allâhus shamad. Lam yalid, wa lam yûlad. Wa lam yakullahû kufuwan ahad. 


Artinya, “Katakanlah, ‘Dialah Allah yang esa. Dia tempat bergantung. Dia tidak melahirkan dan tidak dilahirkan. Tiada satu pun yang menyamai-Nya.”


4.    Doa saat sudah sampai di tempat tujuan

 

‎اَللّٰهُمَّ إِنِّىْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَخَيْرَ مَافِيْهَا وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَافِيْهَا


​​​​​​​Allaahumma innii as aluka lhairohaa wakhairo ahlihaa wakhairo maa fiihaa wa a'uudzubika min syarrihaa wa syaarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa.

 

Artinya : "Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya."

 

Demikian doa yang bisa diamalkan sebelum pergi untuk berlibur. Dengan berdoa semoga kita selalu dilindungi oleh Allah Swt dalam segala aktivitas yang kita jalani. 


Penulis: Agung Gumelar

Doa Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×