• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Minggu, 23 Juni 2024

Depok

Gelar Rakercab II, Cara GP Ansor Kota Depok Solidkan Gerakan

Gelar Rakercab II, Cara GP Ansor Kota Depok Solidkan Gerakan
Sesi Foto Bersama Rakercab II GP Ansor Kota Depok. (Foto: NU Online Jabar/Abdul Hakim Hasan).
Sesi Foto Bersama Rakercab II GP Ansor Kota Depok. (Foto: NU Online Jabar/Abdul Hakim Hasan).

Depok, NU Online Jabar
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Depok mengadakan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) II dengan tema "Meneguhkan Peran Organisasi, Menuju Ansor Solid Maju Satu Barisan" yang dilaksanakan di Villa Aurora Puncak Bogor, mulai dari Sabtu (10/5/2024) hingga Ahad (11/5/2024). Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kementerian Agama Kota Depok, H. Enjat Munjiat, Ketua PCNU Kota Depok KH Achmad Solechan, Ketua GP Ansor Jawa Barat Deni Ahmad Haidar, dan seluruh Pengurus GP Ansor Kota Depok, hingga perwakilan pengurus PAC se-Kota Depok.


Dalam sambutannya, KetuaGP Ansor Kota Depok, HM Kahfi menjelaskan pentingnya GP Ansor bergerak ditengah-tengah masyarakat agar bisa dirasakan kehadirannya.


"Ansor harus hadir, mendampingi dan melakukan giat-giat yang langsung dirasakan kemanfaatannya di masyarakat, eksistensi ke-Ansor-an membawa dampak maslahat di Kota Depok," jelasnya saat memberikan sambutan pembukaan. 


Menurutnya, melalui badan otonom, sahabat-sahabat yang aktif di Barisan Serba Guna (Banser) harus bisa mendorong soliditas gerakan dan meningkatkan SDM melalui program-program yang sudah berjalan, seperti Beasiswa untuk Kader Ansor-Banser dari Paket A, B, C dan Perguruan Tinggi yang telah berjalan setahun ini.


"Lembaga Bantuan Hukum (LBH) GP Ansor Kota Depok yang dinakhodai oleh Sahabat Chairul Lutfi, telah berkiprah setahun belakangan ini bersama Pengurus dan Anggota, semenjak diterbitkan SK dari LBH GP Ansor Pusat telah mendampingi, mengadvokasi persoalan hukum di kalangan Nahdliyin khususnya dan warga Depok pada umumnya. Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor dibawah pimpinan Sahabat Andi Basuni, juga telah membentuk MDS diseluruh PAC dan Ranting di sebelas Kecamatan Se-Kota Depok," ungkap HM Kahfi.


"Semuanya harus bersinergi bersama, pengurus dan seluruh Banom PC GP Ansor Kota Depok. InsyaAllah, dalam waktu dekat ini kita akan melaksanakan Pelantikan serentak seluruh Pengurus PAC dan Ranting se-Kota Depok," papar pria yang merupakan Alumni Magister Pendidikan Agama Islam IAI Depok.


Senada dengan Kahfi, Kanmenag Kota Depok mengapresiasi kegiatan Rakercab II PC GP Ansor Kota Depok. Ia menegaskan tentang gerakan yang kompak, solid, dan sinergis dengan program Kementerian Agama khususnya di Kota Depok. 


"Alhamdulillah, berkah Ansor Depok, sekarang kita telah memiliki Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) di Kota Depok, semoga beberapa waktu dekat ke depan akan kita dirikan Madrasah Aliyah Negeri (MAN)" pungkasnya.


Sementara itu, Ketua PCNU Kota Depok KH Achmad Solechan, menyampaikan terkait perjalanan sejarah GP Ansor Kota Depok. Ia juga menjelaskan bagaimana kerja-kerja organisasi, peran ideologisasi kader dan kaderisasi yang simultan di Ansor Depok.


"Saya tidak hanya menjadi saksi sejarah terkait kaderisasi Ansor-Banser di Kota Depok, melainkan turun bersama Ketua sebelumnya Sahabat Abdul Kodir sampai dengan Periode Sahabat HM Kahfi, bagaimana kaderisasi yg massif, gerakan yang terukur, pengkaderan yg benar-benar menanamkan idiologisasi terhadap para kader untuk mengenali diri, dan memahami jati diri Ansor sesungguhnya," tuturnya.


Bahkan, sambung pria yang akrab disapa Kiai Alek, turun mendampingi setiap pelaksanaan kaderisasi formal dan informal GP Ansor Kota Depok.


"Jangan sampai kita menggerakkan organisasi, mengajak gerakan satu barisan, namun sebelumnya tidak mengakar dan tertanam di jati diri kader tentang ke-Ansor-an dan ke-NU-an," tandasnya..


Depok Terbaru