• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Daerah

Tingkatkan Kualitas Pengurus, PCNU Garut Launching NU Garut Award

Tingkatkan Kualitas Pengurus, PCNU Garut Launching NU Garut Award
Sekretaris PCNU Garut Deni Ranggajaya, menerima hadiah NUJA 2021 kategori bidang Dakwah dari Wakil Rais PWNU Jabar KH Abun Bunyamin (Foto: Agung/NUJO)
Sekretaris PCNU Garut Deni Ranggajaya, menerima hadiah NUJA 2021 kategori bidang Dakwah dari Wakil Rais PWNU Jabar KH Abun Bunyamin (Foto: Agung/NUJO)

Garut, NU Online Jabar
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Garut menggelar webinar dalam rangka peringati Hari Santri Nasional (HSN) secara virtual melalui aplikasi Zoom, Jumat (22/10). Kegiatan tersebut dilaksanakan dari pukul 13.00-16.00 WIB sekaligus melaunching kegiatan NU Garut Award.

Sekretaris PCNU Garut Deni Ranggajaya mengatakan bahwa kegiatan NU Garut Award merupakan program yang sudah dirancang jauh hari untuk meningkatkan kualitas pengurus NU di tingkat PCNU yang dipertuntukan untuk Lembaga, juga MWC dan Ranting NU di daerah.

"Sebelumnya, PCNU Garut sempat mengadakan NU Garut Award pada tahun 2018, dan sekarang mengadakan kembali pada period ke dua. Tahun ini, ada 10 indikator yang akan menjadi penilaian Asesor. Dimana 10 indikator tersebut yaitu diantaranya Kesekretariatan, Kelembagaan, Sumber Daya Manusia (SDM), Keuangan, Aset, Tata Kelola Organisasi, Ekonomi dan Pertanian, Pelayanan Sosial, Kegiatan Keagamaan, Pendidikan dan Sarana Ibadah," ujarnya.

Ia menjelaskan, penilaian NU garut Award itu sendiri dilakukan dengan dua tahap, yaitu tahap upload data, serta tahap penilaian lapangan yang dilakukan oleh delapan asesor untuk melakukan verifikasi dan validasi data lapangan.

Pria yang akrab disapa kang Deni juga menuturkan nantinya kegiatan ini akan diberikan penghargaan kepada 6 MWCNU terbaik, 1 MWC Favorit, 3 Ranting terbaik, 3 Admin terbaik serta Lembaga terbaik di lingkungan PCNU Kabupaten Garut.

“NU Garut Award ini dilakukan semata-mata sebagai upaya dalam mewujudkan tata kelola Organisasi di lingkungan MWCNU Se-Kabupaten Garut. Hal ini juga merupakan iplementasi dari amanat MUKERCAB ke-1 PCNU Kabupaten Garut,” tandas Kang Deni

Ia pun menegaskan, bahwa NU Garut Award ini juga merupakan implementasi dari amanat yang tertuang dalama Peraturan Organisasi Nahdlatul Ulama tentang pemberian penghargaan kepada struktur kepengurusan yang telah mencapai standar kriteria yang telah dicapai berdasarkan hasil penilaian.

Adapun time line kegiatan NU Garut Award tersebut yaitu:
1. 22 Oktober 2021 Grand Launching bersamaan dengan peringatan hari santri nasional
2. 22 Oktober 2021 – 15 Januari 2022 Pengisian dan Peng-upload-an data
3. 1–10 Januari 2022 Visitasi Lapangan oleh petugas
4. 15 Januari 2022 Penutupan Upload Data
5. 15-25 Januari 2022 Verifikasai data lapangan oleh petugas
6. 31 Januari 2022 Pengumuman Hasil

Ia berharap semua tingkatan mulai dari MWCNU, Lembaga, Banom Se-Kabupaten Garut, bisa mendukung dan merasa terlibat dengan adanya akreditasi dan PCNU Garut Award ini.

“Hal demikian sebagai wujud organisasi yang tertib Adminitrasi, yang akhirnya bisa menjadi organisasi yang mandiri dengan memberikan manfaat secara konkret sebagai bentuk khidmah terhadap organisasi,” tutupnya.

Pewarta: M. Salim
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi


Daerah Terbaru