• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Rabu, 21 Februari 2024

Daerah

Refleksi Akhir Tahun, Lakpesdam NU Kabupaten Sukabumi Gelar Tirakat dan Ziarah

Refleksi Akhir Tahun, Lakpesdam NU Kabupaten Sukabumi Gelar Tirakat dan Ziarah
Refleksi Akhir Tahun, Lakpesdam NU Kabupaten Sukabumi Gelar Tirakat Melalui Ziarah. (Foto: Amus Mustaqim).
Refleksi Akhir Tahun, Lakpesdam NU Kabupaten Sukabumi Gelar Tirakat Melalui Ziarah. (Foto: Amus Mustaqim).

Sukabumi, NU Online Jabar
Pengurus Lembaga Kajian dan Pegembangan Sumberdaya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) Kabupaten Sukabumi melaksanakan tirakat Ziarah kepada tokoh Penggerak NU sebagai refleksi akhir tahun pada Senin, (27/12).

 

Ketua Lakpesdam NU Kabupaten Sukabumi, Ajengan Daden Sukendar hal tersebut dilakukan sebagai refleksi tahunan selama bergerak dan khidmatnya di NU melalui Lakpesdam sepanjang tahun 2021.

 

"Banyak nikmat di tahun 2021 ini yang kita peroleh, beberapa peristiwa penting diantaranya secara Nasional Muktamar NU Ke- 34 di Lampung berjalan dengan lancar dan berkah. Juga di Sukabumi Pengkaderan berjalan dengan baik, maka wajib kita syukuri diantaranya dengan mendoakan dan bersilaturrahmi melalui Tirakat Ziarah kepada para Ulama Penggerak NU dan Ahlussunnah waljama'ah," tuturnya kepada NU Online Jabar melalui pesan singkat.

 

Selain itu pria yang akrab disapa Kang Dasuk ini juga menerangkan bahwa silaturrahmi dan Ziarah baik kepada tokoh yang masih hidup maupun yang sudah wafat merupakan tradisi di lingkungan NU dan menjadi salah satu program Lakpesdam. 

 

"Ini tradisi yang kami pertahankan di Lakpesdam NU Kabupaten Sukabumi terus bersilaturrahmi kepada para tokoh bangsa dan 'Alimil Ulama baik yg masih ada maupun yg sudah meninggal, untuk memohon doa dan nasehat dari beliau-beliu dan mendoakan bagi yg sudah meninggal karena jasa nya untuk bangsa dan agama yang begitu besar," tandasnya.

 

Beberapa lokasi yang dikunjungi diantaranya maqbaroh pendiri pondok pesantren Al Masthuriyah dan Habib Syaikh bin Salim Al Athos, Syaikh Tubagus Nurhusein (Mama Cimuncang), pendiri Pondok Pesantren Azzainiyyah Pangersa Uwa KH. Zezen Zainal Abidin BA Nagrog, Pendiri Pondok Pesantren Al Fathonah KH. Ahmad Dasuki Hasbulloh, KH. Abdullah Mahfudz dan yang lainnya sampai maqbaroh Eyang Dalem Raden Arya Wiranudatar Kabupaten Cianjur.

 

Pewarta: Amus Mustaqim
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi


Daerah Terbaru