• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Jumat, 23 Februari 2024

Daerah

Rabiul Awal, Momentum Umat Islam Mensyukuri Kelahiran Nabi Muhammad SAW 

Rabiul Awal, Momentum Umat Islam Mensyukuri Kelahiran Nabi Muhammad SAW 
Rabiul Awal, Momentum Umat Islam Mensyukuri Kelahiran Nabi Muhammad SAW (Foto: NUJO)
Rabiul Awal, Momentum Umat Islam Mensyukuri Kelahiran Nabi Muhammad SAW (Foto: NUJO)

Indramayu, NU Online Jabar
Bulan Rabiul Awal bisa dikatakan menjadi bulan yang paling spesial bagi umat Muslim di Indonesia khususnya. Masyarakat beramai-ramai menyambut bulan kelahiran nabi Muhammad SAW dengan penuh suka cita. 

Peringatan maulid nabi bagi umat Muslim di Indonesia adalah penghormatan dan pengingat kebesaran dan keteladanan Nabi Muhammad SAW. Mereka menyelenggarakan berbagai bentuk kegiatan budaya, dan ritual keagamaan. 

Sebagaimana yang dikatakan Ketua MWCNU Sukagumiwang H Absori, menurutnya, maulid nabi menjadi momentum bagi umat Islam untuk mensyukuri kelahiran Nabi Muhammad SAW.

“Alhamdulillah sore ini kita bisa melaksanakan kegiatan peringatan maulid nabi Muhammad SAW. sekaligus memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2021,” kata H Absori pada acara peringatan maulid nabi dan Hari Santri Nasional 2021 yang diselenggarakan GP Ansor Sukagumiwang di Gedung Sekretariat MWCNU Sukagumiwang, Ahad (24/10). 

Bersamaan dengan hal itu, kegiatan ini sekaligus menjadi upaya menjaga tradisi Islam di Nusantara dan bentuk khidmah terhadap Nahdlatul Ulama yang memang dari dulu merawat dan menjaga tradisi ini. 

“Semoga kebersamaan kita dalam berkhidmat kepada Nahdlatul 'Ulama selalu terjaga, sebagaimana kita ketahui MWCNU Sukagumiwang sudah diakui eksistensinya, kita sudah punya SMK NU Sukagumiwang insyaallah ke depan kita bisa merintis pondok pesantren untuk para siswa yang bermukim,” ujarnya, 

Di sisi lain, peringatan hari santri bertujuan untuk memperingati peran kiai dan kaum santri dalam melawan penjajah yang bertepatan dengan resolusi jihad dari KH Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 2021.

“Hari Santri 2021 berhubungan erat dengan sejarah yang membuktikan bahwa para santri bersama pejuang lain berperan aktif dalam merebut kembali kedaulatan negara Republik Indonesia dari penjajahan bangsa asing,” katanya. 

Kegiatan ini dihadiri oleh pengurus ranting GP Ansor se-Kecamatan Sukagumiwang, Pengurus PAC GP Ansor, Rais Syuriyah MWCNU Sukagumiwang, turut hadir ketua dan sekretaris PC IPNU Indramayu Periode 2010-2012.

Pewarta: Amin Hidayat
Editor: Agung Gumelar


Daerah Terbaru