Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Kiai Zakky: Shalawat Salah Satu Kiat Memperoleh Syafaat

Kiai Zakky: Shalawat Salah Satu Kiat Memperoleh Syafaat
Kiai Zakky: Shalawat Salah Satu Kiat Memperoleh Syafaat (Foto: NU Online Jabar )
Kiai Zakky: Shalawat Salah Satu Kiat Memperoleh Syafaat (Foto: NU Online Jabar )

Jakarta, NU Online Jabar
Salah seorang Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Zakky Mubarak menjelaskan bahwa salah satu kiat atau cara memperoleh syafaat dari Allah Swt melalui perantara Nabi yaitu dengan sering membaca shalawat.


“Salah satu kiat dan cara kita sebagai umatnya, untuk mendapatkan syafaatnya yaitu dengan membaca shalawat kepadanya,” kata Kiai Zakky melalui video yang diunggah di akun facebooknya Zakky Mubarak Syamrakh, Selasa (24/5/22).


Kata Kiai Zakky shalawat yang dibaca oleh umatnya itu tersampaikan langsung pada baginda Nabi, apalagi memperbanyak selawatnya di hari jum’at.


“Perbanyaklah shalawat kata Nabi untukku, karena sesungguhnya shalawat yang kamu sampaikan kepadaku itu dihadapkan padaku langsung. Misalnya farid salah seorang umat Nabi Muhammad menyampaikan shalawat nabi di hari jum’at atau dihari lain, itu tersampaikan, rasululullah ini salam selamat dari farid, dari zein, dari hasan, itu disampaikan,” terangnya.


Kiai Zakky menceritakan salah seorang sahabat nabi menginformasikan dan menyatakan bahwa hari yang paling utama diantara tujuh hari yang lainnya yaitu hari jum’at, maka tidak heran hari tersebut hari yang afdol untuk bershalawat.


“Uwes salah seorang sahabat nabi menginformasikan pada kita yang berasal dari sabda Nabi Saw, beliau menyatakan Inna Afdholi Ayyaamikum Yaumal Jum’ati sesungguhnya hari yang paling utama yang paling afdol dari hari-harimu adalah hari jum’at kata Nabi. Maka disebut sayyidul ayyam,” ujarnya.


“Hari jum’at itu sangat mulia hari yang terbaik dari tujuh hari yang ada. Karena itu dihari jum’at, supaya kita memperoleh syafaat dari nabi dengan izin allah tentunya, itu kita harus memperbanyak selawat pada nabi,” tambahnya. 


Shalawat itu lanjut Kiai Zakky, akan tersampaikan langsung pada Nabi dan melalui shalawat itu, insya Allah kita memperoleh syafaat di yaumil kiamah dari Allah Swt melalui prantara Nabi. 


“Dihadapkan kepada nabi selawat-selawat itu, dan inilah suatu kemuliaan, betapa kita merasa bahagia kalau selawat kita disampaikan kepada nabi langsung, maka perbanyaklah dihari jum’at itu membaca selawat pada nabi, itulah salah satu kiat atau cara agar kita memperoleh syafaatnya, di yaumil kiamah dari Allah Swt, melalui Nabi kita Muhammad Saw,” pungkasnya.


Pewarta: Abdul Manap

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×