• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Sabtu, 20 April 2024

Daerah

KH Agus Syarif Hidayatullah: Vaksin Itu Aman dan Halal

KH Agus Syarif Hidayatullah: Vaksin Itu Aman dan Halal
Ketua PCNU Kota Bandung, KH Agus Syarif Hidayatullah (ketiga dari kiri) saat meninjau Vaksinasi Massal Tahap dua di Halaman Kantor PCNU Kota Bandung, Kamis (2/9). (Foto: NUJO)
Ketua PCNU Kota Bandung, KH Agus Syarif Hidayatullah (ketiga dari kiri) saat meninjau Vaksinasi Massal Tahap dua di Halaman Kantor PCNU Kota Bandung, Kamis (2/9). (Foto: NUJO)

Kota Bandung, NU Online Jabar
Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bandung, KH Agus Syarif Hidayatullah mengatakan, vaksinasi yang dilakukan di halaman Gedung PCNU Kota Bandung berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana. Hal tersebut diungkap saat mengahadiri Vaksinasi Massal yang bekerja sama dengan Polda dan PWNU Jawa Barat serta Polres dan PCNU Kota Bandung, Kamis (2/9).

"Alhamdulillah berjalan lancar dan sesuai dengan rencana kita kurang lebih 2000 dosis vaksin diberikan kepada mereka peserta vaksin yang sudah divaksin pertama di kantor PWNU dan sekarang dosis kedua di kantor PCNU Kota Bandung,"

Ia mengatakan, peserta yang mengikuti vaksin saat ini merupakan peserta tetap yang terdata pada vaksin pertama di kantor PWNU. 

"Jadi kita mempunyai kebijakan bahwa dosis kedua ini hanya diberikan kepada mereka yang sudah diberikan dosis vaksin pertama di kantor PWNU, kemudian mereka berasal dari Bandung raya, dan kebanyakan dari Kota Bandung sendiri,"

Kiai Agus juga menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh para kiai, santri, dan masyarakat yang berada di lingkungan kantor PWNU Jabar dan di kantor PCNU Kota Bandung.

"Namun, tidka menutup kemungkinan peserta ini juga hadir dari berbagai kalangan mahasiswa dan mahasiswi yang berada di sekitar Kota Bandung," jelasnya.

Lalu, ia berharap dengan adanya vaksinasi kedua ini, memberikan imun yang cukup untuk program herd immunity sehingga masyarakat bisa terbebas dari Covid-19.

"Mudah-mudahan dengan mereka sudah terbentuknya imun tubuh, sehingga mereka bisa beraktivitas normal dan memberikan keselamatan, keamanan kepada keluarganya, kemudian kepada bidang pekerjaannya, terutama seluruh masyarakat Indonesia sehingga kita bisa terbebas dari Covid-19," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, ia menilai informasi hoax mengenai vaksinasi di media sosial mati dengan sendirinya. Hal ini disebabkan maraknya stakeholder dari masyarakat terutama dari ormas-ormas seperti NU dan pesantren mengikuti vaksin. Sehingga, hoax itu dengan sendirinya semakin tidak laku, dan antusiasme masyarakat terhadap vaksin sekarang semakin luar biasa 

"Setiap ada pembukaan pendaftaran online di pesantren atau lembaga-lembaga di bawah NU, alhamdulillah antusiasme masyarakat semakin baik. Kadang-kadang pendaftaran itu per hari itu sampai tujuh ratus bahkan seribu. Dari pendaftaran online terbukti bahwa masyarakat sangat antusias dengan vaksin demi kesehatan bersama," lanjutnya.

Kiai Agus mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak ragu melakukan vaksinasi.

"Ayo bervaksin, karena ini adalah sebuah ikhtiar bagaimana kita menghadang penyakit Covid-19. Jangan ragu karena vaksin itu amandan halal. Ikhtiar seluruh lapisan masyarakat, terutama warga Nahdliyin ini, mudah-mudahan mendapatkan ridha Allah SWT," pungkasnya.

 

Pewarta: Muhammad Rizqy Fauzi


Daerah Terbaru