• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Jumat, 23 Februari 2024

Daerah

Hadiri Undangan Kedubes AS dan Bupati Cirebon, Lesbumi NU Siap Sinergi Lestarikan Seni dan Tradisi

Hadiri Undangan Kedubes AS dan Bupati Cirebon, Lesbumi NU Siap Sinergi Lestarikan Seni dan Tradisi
Hadiri Undangan Kedubes AS dan Bupati Cirebon, Lesbumi NU Siap Sinergi Lestarikan Seni dan Tradisi. (Foto: NUJO/Sofhal)
Hadiri Undangan Kedubes AS dan Bupati Cirebon, Lesbumi NU Siap Sinergi Lestarikan Seni dan Tradisi. (Foto: NUJO/Sofhal)

Cirebon, NU Online Jabar 
Dua orang perwakilan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS), Fausto de Guzman dan David A. Baker  mengatakan bahwa Pemerintah Amerika berupaya fokus membantu pemerintah daerah Kabupaten Cirebon, terutama pada isu-isu pelestarian seni dan tradisi, penguatan Sumber Daya Manusia (SDM), dan Manajemen Sampah. Pihaknya telah melakukan kajian-kajian melaui mitra kerjanya terkait isu-isu tersebut di Kabupaten Cirebon.


“Kami berterima kasih kepada Bupati Cirebon yang telah menerima kunjungan kami. Kami datang ingin membahas dan mencoba untuk bersinergi dengan Pemerintah Cirebon terkait pelestarian seni dan tradisi, penguatan SDM, dan Manajemen Sampah,” jelas Fausto, Senin (11/04) di Pendopo Bupati Cirrebon.


Dalam kesempatan itu, Bupati Cirebon H Imron mengapresiasi dukungan Kedubes AS yang telah berkunjung ke Kabupaten Cirebon.


“Kami sengaja mendatangkan para Kepala SKPD, diantaranya Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kominfo, dan lain-lain. Termasuk ada juga dari Lesbumi NU yang konsen di pelestarian seni dan tradisi,” ungkap Bupati.


Sementara itu, Baequni Ketua Lesbumi NU Kabupaten Cirebon menyambut baik gagasan tersebut. Pihaknya menilai bahwa giat pelestarian seni dan tradisi adalah pekerjaan multi aktor. Oleh karena itu, perlu melibatkan para pelaku seni. Ia juga mengajak para seniman muda untuk ikut melestarikan seni dan tradisi khas Cirebon. 


“Kami juga melibatkan generasi muda untuk mengarusutamakan seni dan tradisi khas Cirebon di tengah masyarakat, melalui pelatihan yang kami beri nama Kursus Kebudayaan. Di samping itu, kami akan menyelenggarakan Festival Film Pendek yang akan diputar di sini (Pendopo Bupati-red)," Jelas Baequni.


"Kami juga melibatkan Pemerintah Daerah dan Desa, dengan melakukan pendampingan untuk menciptakan regulasi yang dapat menjadi proteksi sekaligus rencana strategis pengembangan dan pelestarian seni dan tradisi," tandasnya. 


Acara pertemuan tersebut ditutup dengan buka puasa bersama.


Pewarta: Sofhal Adnan
Editor: Agung Gumelar


Daerah Terbaru