• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Kamis, 30 Mei 2024

Daerah

Forum Da’iyah Fatayat akan Kembangkan Dakwah Berbasis Keluarga

Forum Da’iyah Fatayat akan Kembangkan Dakwah Berbasis Keluarga
Yenni Nailul Widad (tengah) dan anggota bidang dakwah PW Fatayat Jabar saat memaprkan program dalam Rakerwil. (Foto: PW Fatayat Jabat)
Yenni Nailul Widad (tengah) dan anggota bidang dakwah PW Fatayat Jabar saat memaprkan program dalam Rakerwil. (Foto: PW Fatayat Jabat)

Salah satu hasil Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) PW Fatayat NU Jawa Barat di hotel Savoy Homann, 11-12 September 2020 adalah pembentukan Forum Daiyah Fatayat (FORDAF). Forum ini sebagai respon Fatayat atas masih terbatasnya pendakwah perempuan.

Menurut Ketua Fordaf, Yenni Nailul Widad, ada beberapa agenda yang sudah disiapkan, diawali dengan pembentukan Fordaf di seluruh kabupaten/kota d Jabar.

“Untuk memaksimalkan pelaksanaan program kerja, kita akan konsentrasi pada pemberdayaan da’iyah untuk melaksanakan syiar Islam Ahlussunnah wal Jama’ah An-Nahdliyyah,” ujar Yenni.

Ia menambahkan bahwa Fordaf akan menggarap isu radikalisme dengan dakwah secara langsung dan tidak langsung.

“Dakwah secara langsung melalui dakwah berbasis keluarga dengan tujuan membentuk karakter anak agar memiliki jiwa nasionalis-reiligius, juga lewat pengajian umum dan majlis ta'lim,” tambahnya.

Sedangkan dakwah secara tidak langsung melalui media sosial dengan kemasan kekinian, agar menarik dan menjangkau lebih luas. Kemasan itu akan berisi pengetahuan keagamaan, keaswajaan, sima’an Alquran bersama IHF (Ikatan Hafidzoh Fatayat), ilmu qiroatul qur'an, dan fikih perempuan 

Untuk mendukung sejumlah program tersebut, Fordaf akan mengadakan pelatihan dasar da’iyah, TOT da’iyah, pelatihan public speaking dan penulisan buku sebagai pegangan pengetahuan untuk da’iyah dan buku saku bagi masyarakat.

Pewarta: Muhyiddin


Editor:

Daerah Terbaru